Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Pessel, Buka Festival Silek Padusi

PESSEL METRO–Di Pantai Koto Salido, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menjadi lokasi pembukaan Festival Silek Padusi Se – Sumatera Barat.

Festival Silek Padusi diselenggarakan Sanggar Tari Seni dan Budaya San Alida,
Festival Silek Padusi Dalam Garapan Karya Tari Kreasi Minangkabau, Minggu (24/2/2024) resmi dibuka.

Dihadiri Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Pemkab Pessel Mimi Rianty Zainul, Kabid Parekaf Dinas Kebudayaan Sumbar, dan OPD terkait. Serta Forkopimca, Kecamatan IV Jurai.

Ketua panitia pelaksana, sekaligus Ketua Sanggar Tari Seni dan Budaya San Alida, Kabupaten Pesisir Selatan Erviela Desarta, S.Sn, Festival Silek Padusi Se – Sumatera Barat diselenggarakan atas dukungan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia ( Kemendikbudristek RI), dan dukungan dana kebudayaan tahun 2023.

Untuk di Sumatera Barat ada tiga Sanggar mendapatkan dana kebudayaan ini, salah satunya adalah Sanggar Tari Seni dan Budaya San Alida,Kabupaten Pesisir Selatan, ” ucap Erviela dalam laporanya.

“Kita ingin pingin berikan motifasi, dan mengajak semua komunitas dan sanggar di Pessel, dan Sumbar lebih lagi menghidupkan seni budaya Minangkabau. Kita, siap berkolaborasi,” tegas Ketua Sanggar Tari Seni dan Budaya San Alida.

Pada para peserta Festival Silek Padusi telah lulus seleksi, bisa menampilkan pertunjukan yang cantik dan menarik. Agar budaya Silek Padusi Minangkabau lebih merakyat.

Sedangkan, Bupati Pessel diwakili
Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Pemkab Pessel Mimi Rianty Zainul atas nama pemerintah daerah memberikan apresiasi pada Sanggar Tari Seni dan Budaya San Alida telah menggagas festival silek padusi.

” Ini positif bagi generasi muda untuk bangga dengan budaya Minang Kabau. Ini menjadi event tahunan Pemkab Pessel,” ucap Mimi.

Pada peserta, tim pendamping Mimi mengucapkan selamat datang di Kabupaten Pesisir Selatan, negeri sejuta pesona. Sampaikan salam yang baik – baik, bersama – sama ikut mempromosikan adat istiadat, dan pariwisata di Sumatera Barat. Khususnya Kabupaten Pesisir Selatan.

Ditandai pemukulan gendang bersama – sama, secara resmi Festival Silek Padusi dimulai.

Dilokasi tersebut panitia pelaksana juga menyiapkan wisata kuliner pasisia, untuk memanjakan pengunjung yang datang ke Festival Silek Padusi. ( Rio)

Exit mobile version