Festival Silek Padusi Se – Sumbar, Siap Digeber di Pantai Koto Salido, Pessel

PESSEL METRO–Komunitas Budaya Sanggar Seni dan Budaya San Alida, Pesisir Selatan dengan ketegori Pendayagunaan Ruang Publik mengadakan acara bertajuk ” Festival Silek Padusi Se – Sumatera Barat ” di gelar dari tanggal 24 -25 Februari 2024 di Pantai Salido Salido, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

” Festival Silek Padusi Se – Sumatera Barat “, merebutkan total hadiah 25 Juta, dengan berbagai reword festival, mulai dari 5 penampilan terbaik tanpa rangking akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp.5.000.000/ group, piala dan piagam penghargaan.

Untuk dua puluh peserta lolos kurasi biaya pendafraran gratis, penginapan dan konsumsi, mendapatkan kaos peserta dan sertifikat juga kokarde.

Pantai Salido, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan akan menjadi saksi bagaimana peserta Festival Silek Padusi Se – Sumatera Barat menampilkan tari kreasi Minangkabau,

Ketua Panitia Pelaksana Erviela Desarta, S.Sn ketika dikonfirmasi Posmetro, Jumat (23/2/2024) menerangkan, Festival Silek Padusi Se – Sumatera Barat diselenggarakan atas dukungan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia ( Kemendikbudristek RI), dan dukungan dana kebudayaan fahun 2023, dalam mewujudkan acara kali ini.

Festival Silek Padusi Se – Sumatera Barat ini berangkat dari gerak , gerik silat Minangkabau, namun tidak terlepas dengan perempuan Minangkabau, yakni sumbang duo baleh. Yang, merupakan aturan atau etika yang salah dan harus diperhatikan oleh perempuan Minang.

Untuk peserta yang lolos kurasi Festival Silek Padusi Se – Sumatera Barat sebanyak 20 peserta, sambungnya.

” Sambil menampilkan budaya Minangkabau, sembari mempromosikan pariwisata di Kabupaten Pesisir Selatan,”
tegas Erviela Desarta.

Ia berharap adanya Festival Silek Padusi Se – Sumatera Barat di Pantai Salido, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan dalam rangka harapan karya tari kreasi Minangkabau lebih dikenal lebih lagi di tengah masyarakat, Sumatera Barat dan Nasional.

Rangkaian kegiatan di laksanakan dari hari sabtu – minggu , persiapan, registrasi peserta, pembukaan workshop, dan materi workshop ( tanggal 24) dan tanggal 25 registrasi lomba di lokasi acara, pembukaan festival oleh Pemda Pessel, lomba, gladi bersih, persiapan panggung dan clear area serta acara puncak sekaligus pembagian hadiah. ( Rio)

Exit mobile version