Tebarkan 10.000 Benih Ikan Nila, Wabup Risnawanto Minta Masyarakat Jaga Ekosistem Sungai

TEBA BENIH IKAN NILA— Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto, didampingi Kepala Dinas Perikanan Zulfi Agus, menebar 10.000 benih ikan nila di Batang Gunung, Jorong Batang Gunung, Kecamatan Lembah Melintang.

PASBAR, METRO–Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto didampingi Kepala Dinas Perikanan Zulfi Agus, menebar 10.000 benih Ikan Nila di Batang Gunung, Jorong Batang Gunung, Kecamatan Lembah Me­lin­tang, Rabu (21/2).

Saat penebaran benih, ia meminta masyarakat setempat agar menjaga ekosistem sungai. “Pe­nebaran ikan ini kita dilakukan sebagai upaya dalam melestarikan ekosistem sungai atau perairan u­mum, dengan harapan dapat memberikan nilai ekonomis bagi ma­syarakat serta dapat me­ningkatkan kelestarian perairan umum,” kata Wa­bup Risnawanto.

Ia menilai kegiatan itu sangat penting dilakukan untuk pelestarian sungai dan pemanfaatan perairan umum. Wabup Risnawanto juga menjelaskan beberapa program Pemda di bidang perikanan salah satunya adalah bantuan bibit ikan, sebagai upaya me­ningkatkan perekonomian serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kondisi alam sungai kita harus dijaga. Seharusnya dari sungai atau perairan masyarakat menda­patkan nilai ekonomis, semakin lama pertumbuhan penduduk semakin bertambah dan kebutuhan masyarakatpun juga semakin meningkat. Oleh sebab itu, Pemda memberikan bantuan bibit de­ngan harapan dapat bermanfaat bagi masyarakat baik untuk konsumsi maupun peningkatan eko­no­mi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Zulfi Agus menyampaikan bahwa Pemda Pasbar menyerahkan bantuan kepada Kejorongan Batang Gunung berupa 10.000 ekor ikan nila yang ditebarkan di Batang Gunung.

Ia menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan usulan dari masya­rakat Kejorongan Batang Gunung Kecamatan Lembah Melintang.

Ia juga menghimbau masyarakat agar tidak mem­buang sampah ke su­ngai dan menangkap ikan dengan cara yang dapat merusak ekosistem perairan seperti menggunakan racun, karena dapat membahayakan ikan-ikan di perairan Batang Gunung.

“Ke depan akan ditetapkan peraturan nagari tentang melindungi perairan umum dan tahun ini juga dapat diusulkan Ranperda terkait pengelolaan perairan umum di seluruh Pasaman Barat dengan harapan seluruh sungai bisa terjaga kelestariannya,” harapnya.

Tokoh masyarakat, Jumalis mengucapkan terima kasih kepada Pemda pasbar yang telah memberikan bantuan bibit ikan. “Pe­rairan Batang Gunung menjadi lebih bersih dan masyarakatpun bisa menjaga kelestarian sungai,” harapnya. (end)

Exit mobile version