Pemilu di Pariaman Berjalan Berjalan Aman dan Kondusif

MONITORING— Sekda Kota Pariaman Yota Balad saat monitoring ke masing-masing TPS saat pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari lalu.

Laporan: Efanurza Kota Pariaman

Pelaksanaan Pemilihan Umum ( Pemilu ) tahun 2024 di Kota Pariaman berjalan aman dan lancar. Pasalnya, Sekda Kota Pariaman, Yota Ba­lad, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Dae­rah (Forkopimda), KPU, dan Bawaslu, monitoring hari pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu) Pre­siden dan Wakil Presiden dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024, di beberapa TPS di Kota Pariaman.

Pantauan di lapangan dibeberapa TPS dan TPS khusus yang ada di Lapas kelas IIB Pariaman, Yota Balad menilai bahwa Pemilu di Kota Pariaman berjalan dengan aman, lancar serta kondusif, hal ini dibuktikan dengan tidak a­danya kejadian atau hambatan pada proses pencoblosan yang dilihat di tiap TPS yang dikunjungi.

“Setelah kita melakukan monitoring Bersama dengan Forkopimda, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu, Pemilu Kota Pariaman dapat dipastikan aman, lancar dan kondusif, hal ini juga sesuai dengan jargon kita dalam setiap pemilu, yaitu Pamilu Badunsanak,” kata Sekda Kota Pariaman Yota Balad,  kemarin.

Yota Balad juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat Kota Pariaman, yang telah ikut berkontribusi dan berpartisipasi dalam kegiatan pemilu serentak  pesta demokrasi di Tahun 2024, untuk memilih pemimpin dan wakil kita untuk 5 tahun nanti.

“Kami mengucapkan terimakasih juga kepada seluruh penyelenggara Pemilu dan jajaran Polri dan TNI yang Bersama-sama dengan pemerintah selalu seayun selangkah, sabiduak sadayuang me­wujudkan Pemilu yang aman, damai, kondusif, berintegritas dan bermartabat. Mudah-mudahan ini menjadi keberkahan untuk kita semua,” tutupya.

Sesuai dengan data yang dikeluarkan oleh KPU Kota Pariaman, Jumlah pemilih sebanyak 71.678 orang, dengan rincian laki-laki sebanyak 35.867 orang dan perempuan sebanyak 35.811 o­rang, dengan jumlah TPS di Kota Pariaman seba­nyak 289, tersebar di 4 kecamatan dan 71 desa/kelurahan.

Sebelumnya,  Yota Ba­lad dan keluarga mencoblos Pemilu Presiden dan Pemilihan Legeslatif (Pileg) 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) I tepatnya di SD N 17 Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah.

Yota Balad yang di­dampingi sang istri, Yosneli Balad dan anaknya Naufal Hadyan Balad ini, melaksanakan kewajiba­nya sebagai seorang warga negara yang baik, untuk memberikan hak pilihnya dalam Pemilu Presiden dan Legeslatif, baik DPD, DPR RI, DPRD Pro­vinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Beliau yang hadir tepat jam 08.10 WIB pagi, dengan berjalan kaki dari kediamanya yang dekat de­ngan lokasi pencoblosan, dikarenakan masih belum begitu ramai masyarakat yang hadir, langsung me­nuju meja pendaftaran dan lanjut mencoblos di bilik suara serta memasukanya ke kotak suara yang telah disiapkan oleh petugas KPPS setempat.

“Alhamdulillah, hari ini saya bersama keluarga telah melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dengan ikut mencoblos di Pemilu Presiden dan legeslatif tahun 2024 ini, karena yang dipilih ada 5 surat suara, maka diha­rapkan masyarakat mampu memilih dengan jeli dan teliti,” ujarnya.

Dirinya mengingatkan, kepada masyarakat yang akan menggunakan hak suaranya, dengan adanya 5 (lima) surat suara yang akan dipilih, memang butuh waktu untuk proses pencoblosan , karena dimulai dari membuka surat suara, lalu mencoblos sampai melipat surat suara dan memasukkan ke dalam kotak suara. (***)

Exit mobile version