Gaya Hidup Sehat Dengan Apotek Hidup Dibawah Erupsi Gunung Marapi

Oleh Mahasiswa KKN Tematik Unand 2024 Di Nagari Aie Angek

Pada tahun 1971 Universitas Andalas dan Universitas Hasanuddin mempeloporikegiatan yang Bernama “PengabdianMahasiswa kepada Masyarakat” yang sekarangbiasadisebut dengan KKN atau Kuliah KerjaNyata. KKN merupakanimplementasidari UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 pasal 20 ayat 2. KKN juga merupakanwahanapenerapansertapengembangan, yang dilaksanakan di luar kampus dengan fokus pada program kerja Pembangunan Nagari, IPTEK, dan Sosial Masyarakat. Saat ini KKN Tematik Universitas Andalasmemiliki motto yaitu KKN KU ASYIK DAN KEREN.

Kabupaten Tanah Datar khususnyaKecamatan X Koto, Nagari Aie Angekmerupakan salah satu tempat dilaksanakannya KKN Tematik UNAND. Nagari Aie Angek sendiri memiliki 4 jorongyaituJorongKapalo Koto, Jorong Koto Nan Gadang, JorongKandangSampie, dan Jorong Kayu Tanduak. Universitas Andalas mengutus 15 orang untuk KKN Tematik di Nagari Aie Angek. Terdapat 3 kegiatan utama program kerja yang dapat dikelompokkan atas kegiatan membantu Pembangunan Nagari/Desa (BAGNAG/BANGDES), kegiatan Sosial Masyarakat (SOSMAS), dan kegiatan Penerapan IPTEK.

Pada Program Kerja IPTEK, salah satunya kami mengangkat kegiatan yaitu Pembuatan Apotek Hidup. Secara teoritis, apotek hidup adalah pemanfaatan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari.Apotek hidup yang ada di sekolah memiliki manfaat yaitu menambah wawasan, mengurangi efek globalisasi, memperindah pekarangan dan sebagai bahan obat-obatan alami juga membuat sekolah lebih asri, sehat dan rindang.

Selain itu, alasan kami mengangkat kegiatan apotek hidup menjadi program kerja ialah untuk memperbaiki kualitas sirkulasi udara di sekitar SDN 05 Aie Angek akibat dari erupsi Gunung Marapi. Konsep Apotek Hidup yang kami angkat ini mengarah pada pembudidayaan, pengumpulan, dan penggunaan tanaman obat sebagai alternatif untuk kesehatan, melestarikan serta menjaga keberlanjutan lingkungan sehat. Kegiatan ini dilakukan di SDN 05 Aie Angek.Beberapa tanaman obat yang berhasil kami tanam sebagai tanaman apotek hidup adalah kunyit, jahe, lengkuas, sereh, cocor bebek dan daun sirih.

Harapan kami dengan terciptanya apotek hidup di SDN 05 Aie Angek ini yang dimana termasuk daerah yang sedang dilanda erupsi Gunung Marapi adalah agar siswa dapat memanfaatkan keberagaman tumbuhan untukkesehatan secara lebih efektif lagi. Semoga apotek hidup ini dapat menambah sumber pengetahuan bagi siswa SDN 05 Aie Angek, serta memberikan solusi alami untuk kesehatan bagi siswa dan warga sekitar yang terkena dampak erupsi Gunung Marapi.(*)

Exit mobile version