KSB Nagari Pagadih Dikukuhkan

AGAM, METRO – Relawan bencana Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Pagadih dikukuhkan Wali Nagari Pagadih Aliwar. Setelah pengukuhan, anggota KSB juga diberi pembekalan, Sabtu (16/2) di Kantor Wali Nagari di Pagadih.“Bila terjadi bencana anggota KSB bersama masyarakat bisa bahu membahu, membantu warga kita yang terdampak bencana,” kata Wali Nagari Pagadih, Aliwar, kemarin.
Camat Palupuh diwakili Sekcam Iskandar menyambut, baik dan mengapresiasi BPBD Agam yang telah membantu pembekalan bagi kelompok siaga bencana di Nagari Pagadih.
“Terbentuknya kelompok siaga bencana diharapkan kelak dapat membantu dan meringankan masyarakat yang terkena dampak bencana. Sebingga, masyarakat bersama kelompok siaga bencana dapat secara dini mengantisipasi dan menanggulangi bencana yang terjadi,” ujar Iskandar.
Susunan kepengurusan KSB Nagari Pagadih Kecamatan Palupuh sebagai koordinator dipercayakan kepada Depi Itri, Sekretaris Etni Yunizar dan Bendahara Tika Iswara, yang dilengkapi dengan berbagai bidang yang terkait dengan kebencanaan.
Sementara itu, Kepala pelaksana BPBD Agam melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Yunaidi S MPd memberikan bekal peningkatan kapasitas anggota KSB tentang pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat. Sekaligus konsepsi relawan penanggulangan bencana serta hal-hal penting dalam penanggulangan bencana.
Hal itu mengingatkan bahwa kesiapsiagaan diri sendiri itu penting terdapat hampir 35 pewrsen kita siap diri sendiri dan kesiapkan keluarga 31% dan kesiapsiagaan orang lewat hanya sekitar 29 persen. Selebihnya dibantu SAR dan lain-lain.
Selesai pembekalan peningkatan kapasitas anggota KSB bersama masyarakat Pagadih dilaksanakan simulasi singkat dan evakuasi mandiri bagi diri sendiri, keluarga, kelompok dan komunitas bersama wali nagari, wali jorong, Bamus dan tokoh masyarakat di Pagadih. (pry)

Exit mobile version