Harga Pangan di Pasbar Stabil

RAKOR PENGENDALIAN PANGAN— Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pasbar mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi mingguan bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara virtual di Ruang Balkon Kantor Bupati, Senin (5/2).

PASBAR, METRO–Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Tim Pengendalian Inflasi Dae­rah (TPID) mengikuti Ra­pat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi mingguan bersama Kementerian Da­lam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia secara virtual di Ruang Balkon Kantor Bupati, Senin (5/2). Rapat dibuka oleh Irjen Kementerian Dalam Ne­geri Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si beserta narasumber dari Kementerian terkait.

Dalam arahannya Tom­si Tohir mengatakan pada bulan Januari 2024, masih banyak daerah yang infla­sinya di atas rata-rata nasional yaitu diangka 2,57 persen, namun masih ada juga daerah yang di bawah angka rata-rata inflasi nasional.

Selanjutnya, Plt Kepala Badan Pusat Statistik Amalia Adininggar Widyasanti menyampaikan secara nasional, jumlah kabupaten/kota yang mengalami ke­naikan Indeks Perkemba­ngan Harga (IPH) sampai dengan minggu pertama Februari naik dibandingkan minggu sebelumnya.

Sementara itu, Bupati menyampaikan bahwa inflasi di Pasbar masih relalatif stabil. Ia berharap OPD terkait selalu monito­ring kenaikan harga, dan diharapkan jelang puasa harga tetap bisa stabil.

Pada Kabupaten Pasaman Barat pada Januari 2024 tingkat inflasi year on year (y-on-y), adalah sebesar 3,73 persen dan tingkat deflasi year to date (y-to-d) sebesar 1,19 persen. Tingkat inflasi y-on-y untuk Januari 2023 sebesar 5,82 persen dan tingkat inflasi y-to-d Januari 0,91 persen.

Berdasarkan grafik harga bahan pangan di Kabupaten Pasaman Barat mulai tanggal 29 Januari 2024 sampai dengan 5 Februari 2024 menunjukkan nilai harga yang cenderung stabil. Perubahan harga bahan pangan (kenaikan/penurunan) hanya terdapat pada harga Cabai Rawit Hijau, Daging Ayam Broiler/Ras, Cabai Merah Lokal, Kacang Kedelai, Minyak Goreng Curah, Cabai Hijau dan Bawang Merah.

Pada tanggal 30 Januari 2024 Cabai Rawit Hijau mengalami kenaikan harga sebesar 10,00 persen. Selanjutnya pada tanggal 1 Februari 2024 Daging Ayam Broiler/Ras mengalami penurunan mencapai 14,29 persen, disusul harga Cabai Merah Lokal yang juga turun sebesar 4,17 persen, kemudian disusul lagi oleh Kacang Kedelai yang ikut mengalami penurunan sebesar 13,33 persen dari harga sebelumnya.

Lalu pada tanggal 4 Februari 2024 harga Mi­nyak Goreng Curah naik se­besar 6,25 persen, diikuti Cabai Hijau yang juga mengalami kenaikan sebesar 6,67 persen dari harga sebelumnya. Dan pada tanggal 5 Februari 2024 harga Bawang Merah mengalami penurunan sebesar 10,00%. Data harga tersebut didapatkan dari wila­yah Kinali, Simpang Tiga, Simpang Empat, Kapa, Pa­dang Tujuh, Kajai, Talu dan Paraman Ampalu. (end)

Exit mobile version