Sport Tourism, Alek Buruh Babi Se – Sumbar digelar di Teluk Kasai

PESSEL METRO–Ratusan pecinta olahraga buruh babi Se – Sumatera Barat dan luar Sumatera Barat antusias mengikuti kegiatan tersebut, di gelar di Taluk Kasai, Nagari Sungai Bungin, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan. Minggu (4/1/2024).

Mengusung tema ” Alek Wisata Taluk Kasai “, dihadiri Kepala Dinas Olahraga Provinsi Sumatera Barat Meifrizon.

Sebagai salah satu tujuan wisatawan,Ketua panitia pelaksana Zulkarnaini. K ingin mengenalkan kembali potensi pariwisata lokal ada di Kecamatan Batang, Khusunya Kabupaten Pesisir Selatan, melalui kegiatan olahraga buruh babi.

Dikatakan Zulkarnaini, kegiatan olahraga buruh babi ini selain sebagai wadah untuk menyalurkan hobby buruh babi, sekaligus sebagai wadah silahturahmi.

” Kita berharap dengan kegiatan ini sedikitnya bisa mempromosikan pariwisata lokal yang ada di Kecamatan Batang Kapas, umumnya Kabupaten Pesisir Selatan,” tegas Ketua Panitia Pelaksana alek buruh babi.

Sementara itu dalam kata sambutanya, Kadispora Sumbar Meifrizon, kegiatan olahraga buruh berburu babi sambil berwisata berburu sangat positif dalam rangka pengenalan daerah lokal dan pariwisatanya. Serta hobby berburu dalam membantu petani membasmi hama babi.

” serta menjalin Silaturahmi dengan para saudara2 yg Ada Di luar Kota Provisinsi dan khususnya indonesia,” ucapnya.

Tokoh masyarakat setempat Capt.Alex Sander M. Mar sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Selain itu dengan adanya buru babi ini, katanya mampu menghilangkan hama babi yang merusak kebun masyarakat setempat.

“Kita tau Pessel memiliki wilayah hutan yang luas dan memang hama ini mengganggu kebun masyarakat,” kata dia.

Olahraga berburu babi ini merupakan budaya warisan turun temurun yang harus dijalankan setiap tahunnya. Kita jangan melihat ini dari agama namun lihat ini dari segi budaya,” sambung Capt.Alex Sander M. Mar.

Dan kita berharap pada pemerintah daerah, melalui dinas terkait bisa merancang kegiatan olahraga buruh babi masuk dalam kalander kegiatan tahunan. ( Rio)

Exit mobile version