MAN 1 Payakumbuh Sukses Gelar Lomba Robot

ROBOT—Lomba Robot yang dilaksanakan di MAN 1 Payakumbuh

PAYAKUMBUH, METRO–Vocapay Robotic Competition dan Madrasah Vocational Competition III sukses digelar Man 1 Pa­yakumbuh pada Rabu (31/1). Selain Pj. Walikota Pa­yakumbuh, Jasman juga hadir Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kota Payakumbuh, Joben serta sejumlah Kepala Sekolah dari berbagai daerah di Sumatera Barat dan Riau.

Vocapay Robotic Competition atau lomba Robot yang digelar pertama kali itu diapresiasi oleh puluhan peserta yang hadir, mereka menyambut baik dan antusias mengikuti lomba Robot Soccer dan Sumo itu. Hal itu diungkapkan Zaky Raynor Peserta Lomba Robot Soccer asal Riau.

Bahkan ia berharap Lomba robot tersebut bisa digelar secara rutin dan melibatkan banyak se­kolah, sehingga tekhnologi bisa dimanfaatkan oleh peserta didik secara bijak atau baik.

“Kita apresiasi dan bang­ga dengan Vocapay Robotic Competition dan Madrasah Vocational Com­petition III yang digelar Man 1 Payakumbuh. Zaman globalisasi ini kita perlu memanfaatkan tekhnologi secara bijak,” ujar Zaky, Rabu siang (31/1).

Ia juga menambahkan, dengan Lomba Robot yang digelar, siswa atau peserta diajak untuk kreatif dan inovatif membuat atau merangkai robot yang diikutsertakan, baik lomba Robot Sumo maupun Soccer.

“Dengan Lomba Robot yang digelar, siswa atau peserta diajak untuk kreatif dan inovatif membuat atau merangkai robot. Semoga kedepannya lomba ini bisa terus digelar,” harapannya.

Sementara Kepala MAN 1 Payakumbuh, Suhardi mengatakan bahwa saat ini kita memasuki era 5.0, dimana seluruhnya menggunakan prinsip da­sar Robotik, disaat yang bersamaan anak-anak (ge­nerasi muda) tengah candu menggunakan gawai/handphone yang banyak membuang waktu percuma.

Sehingga Lomba Robotic berskala Nasional yang digelar merupakan langkah/upaya menjadikan mengarahkan anak-anak (generasi muda) tengah candu akan gawai kepada hal yang positif.

“Saat ini kita memasuki era 5.0, dimaa seluruhnya menggunakan prinsip dasar Robotik, disaat yang bersamaan anak-anak (ge­nerasi muda) tengah candu menggunakan gawai/handphone yang banyak membuang waktu percuma. Sehingga Lomba Robotic berskala Nasional yang digelar merupakan langkah/upaya menjadikan mengarahkan anak-anak (generasi muda) tengah candu akan gawai kepada hal yang positif,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, selain Dari Sumatera Barat, peserta juga berasal dari Sumatera Utara, Riau, Aceh, Bandung. “Alhamdulillah, meski baru pertama kali digelar, antusias peserta Vocapay Robotic Competition sangat tinggi, selain dari Sumatera Barat, peserta juga berasal dari Sumatera Utara, Riau, A­ceh, Bandung,” ucapnya. (uus)

Exit mobile version