Polres Limapuluh Kota Musnahkan 10.63 Kg Ganja, Tiap Tahun Terjadi Peningkatan Kasus 

MUSNAHKAN BB— Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf bersama jajaran Forkopimda melakukan pemusnahan barang bukti narkotika.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Kapolres Lima Puluh Kota melakukan pemusnahan Barang Bukti (BB) Narkotika jenis Ganja Ke­ring seberat 10,63 kilogram, dan 19 batang pohon Ganja dalam polybag di halaman Mapolres Kabupaten Lima Puluh Kota, Jalan Raya Negara Sumbar-Riau di Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat (19/1) pagi.   Pemusnahan BB Narkotika itu langsung di­pimpin Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, dihadiri Muspida, Waka Polres, Pengadilan Negeri, sejumlah JPU, Kasat Resnarkoba Iptu Andhika, BNN Kota Payakumbuh, Kapolsek di Jajaran Polres Lima Puluh Kota, Penasehat hukum Setia Budi, dan sejumlah undangan lainnya.

Pemusnahan BB narkotika jenis ganja kering yang berhasil diungkap oleh Satresnarkoba Polres Lima Puluh Kota pada Selasa (9/1) sekitar pukul 20.00 wib  dalam sebuah rumah di Jorong Taratak Padang Rajo Kenagarian Koto Tuo, Kecamatan Harau, dilakukan dengan cara dibakar dalam tempat pembakaran yang sudah disedikan. Termasuk 19 batang ganja yang ditemukan anggota Koramil Guguak dan ma­syarakat. Dan sebagiannya dipisahkan/sisihkan untuk proses persidangan.

Tiga orang tersangka dalam perkara itu, masing-masing R (resedivis) warga Jorong Koto Tuo Nagari Koto Tuo Kecamatan Ha­rau, AA (24) warga Jorong Balubuih Nagari Sungai Talang Kecamatan Guguak serta RL (17) di Jorong Guguak Nagari Sungai Talang Kecamatan Mungka, turut dihadirkan dengan pe­nga­walan petugas bersenjata laras panjang.

AKBP. Ricardo Condrat Yusuf meyebutkan bahwa tiap tahun pengungkapan kasus Narkoba diwilayah hukum yang ia pimpin selalu mengalami peningkatan, termasuk dari jumlah barang bukti yang berhasil diamankan. Hal itu terlihat dari jumlah barang bukti yang saat ini dimusnahkan. Sehingga ia menilai pangsa pasar peredaran gelap Narkoba masih tinggi di Lima Puluh Kota.

”Hari ini kita musnahkan sekitar 10,63 Kilogram Narkoba jenis ganja, kita juga melakukan penyisihan untuk proses persidangan. Kalau dari hasil Anev dan Evaluasi, terjadi peningkatan BB Ganja yang dimusnahkan,” ucapnya diiyakan Kasat Resnarkoba, IPTU. Andhika, Jumat (19/1) disela-sela acara pemusnahan Barang Bukti.

Lebih jauh Kapolres juga merinci jumlah kasus narkotika yang berhasil diungkap diwilayah hukum­nya sejak tahun 2022 lalu. Parahnya, dari tahun ke­tahun selalu terjadi pe­ningkatan yang siknifikan. Pada tahun 2022 lalu jumlah Barang Bukti Narkoba jenis ganja kering yang berhasil diamankan sekitar 8 Kilogram, dan tahun 2023 naik jadi 57 Kilogram, dan di Januari awal tahun 2024 sudah diamankan 10,63 kilogram.  ”Tiap tahunnya terjadi peningkatan berdasarkan hasil ANEV, ta­hun 2022 lalu jumlah Ba­rang Bukti Narkoba jenis ganja kering yang berhasil diamankan sekitar 8 Kilogram, dan tahun 2023 naik jadi 57 Kilogram serta pada awal tahun 2024 ini mencapai 10 Kilogram,” jelasnya.

Selain terjadinya pe­ningkatan Barang Bukti yang berhasil diamankan, jumlah kasus juga me­ningkat, pada tahun 2022 terdapat 37 kasus dengan 47 tersangka dan 47 kasus dengan jumlah tersangka 57 orang pada tahun 2023. “Terjadi kenaikan jumlah tersangka maupun kasus serta Barang Bukti tiap tahunnya.

Parahnya sudah pernah diamankan jaringan anak SMA dan sebelumnya diamankan anak SMP,” tambahnya.  Untuk itu Ka­polres mengajak seniergi semua pihak, Polisi, TNI, BNNK, dan Masyarakat untuk berperan aktif dalam pencegahan dan peredaran gelap narkoba ditempat masing-masing. Dia mengingatkan para orangtua untuk lebih ketat dalam pengawasan anak-anak­nya. “Jaga anak-anak kita, peran orangtua sangat penting dalam mencegah agar terhindar dari pe­ngaruh buruk dan peredaran gelap narkotika,” pin­tanya. (uus)

Exit mobile version