Bangun RS Hewan di Bukittinggi, Tahun 2024, UNP Buka  Sejumlah Prodi Baru

KETERANGAN PERS— Rektor UNP, Prof Ganefri didampingi Sekretaris, DR Erianjoni dan akademisi UNP memberikan keterangan pers, pembukaan Prodi S1 Kedokteran Hewan dan Profesi Dokter Hewan, Fakultas Kedokteran, Jumat (19/1), di Ruang Sidang Rektor UNP.

PADANG, METRO–Universitas Negeri Pa­dang (UNP) pada tahun 2024 ini secara resmi membuka dua program studi (prodi) baru, yaitu, Prodi S1 Kedokteran Hewan dan Profesi Dokter Hewan, Fa­kultas Kedokteran. Rektor UNP, Prof Ganefri me­ng­ungkapkan, dibukanya Prodi S1 Kedokteran Hewan dan Profesi Dokter Hewan, ka­rena di Sumatera Barat (Sumbar) belum ada perguruan tinggi yang buka prodi tersebut.

“Bulan lalu kita sudah buka kedokteran. Tahun ini kita buka kedokteran he­wan. Kenapa tahun ini, karena prodi baru tidak cukup SK Rektor saja, tapi ada persetujuan dan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” terang Ganefri, didampingi Sekretaris UNP DR Erianjoni, saat memberikan ketera­ngan pers kepada awak media, Jumat (19/1) di Ruang Sidang Rektor UNP.

Selain membuka Prodi Kedokteran Hewan, Ganefri menambahkan, UNP juga sedang membangun Rumah Sakit Hewan (RSH) di Kota Bukittinggi. Rencananya sebelum Juli 2024 rampung. “RSH ini jadi tempat praktek utama mahasiswa nanti, disamping juga beri pelayanan kepada masyarakat,” terang­nya.

Ganefri menilai Prodi Kedokteran Hewan ini nan­tinya akan maju dan ber­kembang pesat. Karena semakin maju negara, maka kesehatan hewan menjadi sangat penting. Menurutnya, banyak per­kembangan penyakit baru yang disebab oleh hewan. Seperti Covid-19. Termasuk juga perkembangan nutrisi makanan, tidak terlepas dari hewan.  “Perkemba­ngan pengetahuan tentang hewan perlu digalakkan. Masyarakat yang berminat masul Prodi Kedokteran Hewan bisa melalui jalur undangan. Kita terima mahasiswa baru 75 orang. Untuk jalur undangan sebesar 30 persen, yakni 20 mahasiswa baru,” tambahnya.

Ganefri menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan SDM untuk tenaga ahli kesehatan he­wan, dengan menjalin kerja sama dengan pihak seluruh klinik di Sumbar. Termasuk juga klinik yang ada di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar. Selain itu, juga melibatkan tenaga dosen dari perguruan tinggi lainnya, se­perti Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Melalui prodi ini kita juga optimis lapangan kerjanya tersedia dan juga dapat menyiapkan entrepreneur di bidang kesehatan hewan. Jadi tidak ha­nya menyiapkan pencari kerja, tapi juga menciptakan la­pangan kerja,” te­rangnya.

Selain Prodi S1 Kedokteran Hewan dan Profesi Dokter Hewan, UNP juga membuka Prodi S2 Psikologi, Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Ganefri me­ngatakan, sebenarnya Prodi S1 Psikologi di UNP sudah ada. Bahkan Prodi S1 Psikologi UNP nomor lima terbaik di Indonesia. “Dengan dibukanya Prodi S2 Psikologi, kita juga siapkan SDM-nya. Dosen-dosen kita, kita kirim ke luar negeri untuk ambil S3,” terang­nya.

Ganefri juga menambahkan, tahun 2024 juga membuka Prodi S1 Bahasa Mandarin. Hadirnya prodi ini, karena sebelumnya di UNP sudah membuka mata kuliah Bahasa Mandarin tiga tahun lalu. Ternyata peminatnya banyak. Faktor lainnya, melihat perkembangan investasi di Indonesia.  “Tiga investor terbesar di Indonesia meng­gunakan Bahasa Mandarin. Yani, investor dari Singapura, Cina dan Hongkong. Siapa yang akan mengisi perusahaan mereka di Indonesia? Ya mereka yang pandai Bahasa Mandarin berpeluang mengisi. Jangan kita ribut tenaga kerja perusahaan mereka ba­nyak tenaga asing. Tapi kita siapkan tenaga SDM-nya melalui prodi ini. Kita juga kerja sama dengan Universitas di Cina untuk pe­ngembangannya nanti,” terangnya.

Terakhir, UNP juga mewacanakan pembukaan sejumlah prodi baru lagi. Di antaranya S2 Teknik Elektro di Fakultas Teknik, S1 Fashion Vokasi di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Pendidikan Penjas Olah Raga, D3 Bahasa Arab be­kerja sama dengan LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab).

Jalin Kerja Sama Dalam dan Luar Negeri

Selain membuka prodi baru, UNP juga menjalin sejumlah kerja sama da­lam dan luar negeri pada tahun 2024 ini. Seperti kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terkait prodi baru. Ini menjadi investasi kampus dan meningkatkan kualitas SDM. Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) UNP juga menandatangani Nota Kesepahaman de­ngan Aston Hotel Tanjung Pinang.

Sementara kerja sama luar negeri, UNP juga jajaki kerja sama dengan Swinburne University of Technology.  UNP juga tandatangani MoU dangan Tianjin Foreign Studies University (TGSU)Tiongkok. Termasuk juga Rektor UNP juga sudah melakukan Kunjungi Perguruan Terbaik Bi­dang Engineering di Bei­jing. (fan)

Exit mobile version