Surat Suara Payakumbuh Tinggal Menunggu Pengiriman

KUBUGADANG, METRO – Surat suara Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 di Payakumbuh Bakal segera di Packing (dikemas) oleh Percetakan yang berada di Kota Bogor, hal tersebut dilakukan setelah selesainya proses pencetakan. Menurut Ketua KPU Kota Payakumbuh, Heidi Mursal, Rabu (13/2), proses Packing yang telah selesai dilakukan adalah untuk surat suara DPRD yang meliputi DPRD Kota Payakumbuh, DPRD Propinsi dan DPR-RI. Sementara untuk Packing surat suara DPRI-RI akan dilakukan hari Kamis serta Sabtu untuk Packing Surat Suara Presiden-Wakil Presiden.
Meski proses Packing telah dimulai Rabu kemarin namun untuk pengiriman belum bisa dipastikan, sebab hal tersebut masih menunggu jadwal dari Percetakan. Selain Heidi, yang akan langsung melakukan pengawasan terhadap Packing surat suara tersebut, juga ikut mendampingi Kasubag Umum KPU Payakumbuh, Jafilus, Bawaslu serta Pihak Kepolisian dari Polres Payakumbuh. Meski proses Packing telah dilakukan oleh Percetakan, namun beberapa surat suara masih ada yang belum dicetak.
“Untuk pencetakan surat suara pemilu 2019 di Payakumbuh telah dilakukan sebagian, yang siap cetak dan telah di Packing hari ini adalah surat suara mulai dari DPRD Kota hingga DPR-RI,” sebut Heidi lewat sambungan telpon Rabu (13/2) kepada awak media.
Menurutnya, proses Packing sesuai jadwal adalah tanggal 13, 14 dan 16 Februari, sementara terkait proses pengiriman, pihaknya masih menunggu jadwal dari Percetakan. Ia berharap semua tahapan pemilu di Payakumbuh bisa berjalan lancar dan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, sehingga proses pencoblosan pada 17 April mendatang bisa berjalan dengan baik.
” Kita berharap semua proses/tahapan Pemilu di Payakumbuh bisa berjalan dengan baik, termasuk partisipasi pemilih di Payakumbuh bisa terus meningkat dibandingkan Pemilu sebelumnya,” ujarnya.
Ditempat terpisah, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Kota Payakumbuh, Edwardi juga mengungkapkan harapan yang sama terhadap pelaksanaan pemilu di Payakumbuh, sebab selama ini Payakumbuh dikenal sebagai daerah yang aman pada setiap Pemilu.
“Meski berbeda pilihan, baik di Pileg maupun Pilpres nanti, kita berharap tidak ada gesekan maupun perpecahan di Payakumbuh, sebab selama ini Pelaksanaan Pemilu Legislatif, Presiden dan Kepala Daerah selalu berjalan secara Badunsanak. Kita juga menghimbau agar warga yang telah memiliki hak pilih untuk tidak Golput,” sebut Caleg Hanura Nomor urut 3 di Dapil Payakumbuh Barat itu. (us)

Exit mobile version