Lampu Penerangan di Batang Arau tak Hidup

PADANG, METRO – Kawasan Batang Arau, Muaro, Padang, saat ini telah menjadi salah satu kawasan destinasi wisata favorit baru bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan kawasan tersebut telah dibenahi pemerintah.
Namun sangat disayangkan, ketika malam hari, kawasan ini masih ditemui banyaknya lampu-lampu penerangan yang berada di sepanjang trotoar yang tidak hidup. Bahkan, ada juga yang terlihat di beberapa titik, bola lampunya raib. Tak itu saja, juga ada beberapa fasilitas yang rusak dinilai adanya unsur kesengajaan akibat ulah tangan-tangan jahil.
Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Padang, Yeni Yuliza mengatakan pengelolaan kawasan trotoar dan lampu jalan di Batang Arau saat ini masih dibawah kewenangan pihak kontraktor.
“Saat ini masih masa pemeliharaan. Belum diserahkan kepada kami. Kalau di masa pemeliharaan ini masih menjadi tanggungjawab kontraktor,” ujarnya, Selasa (12/2).
Sementara perwakilan dari kontraktor pelaksana yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, saat ini pihaknya sedang memperbaiki berbagai kerusakan terhadap lampu trotoar di kawasan Batang Arau tersebut. “Kami perkirakan selesai diperbaiki selama 1 minggu. Saat ini, kami sedang menambah kapasitas daya listrik agar lampu trotoar tersebut kembali berfungsi,” katanya.
“Ya, saat ini memang masih tanggung jawab kita dan tentunya apa yang menjadi persoalan dengan adanya kerusakan baik teknis maupun diduga akibat tangan – tangan jahil tak dikenal yang sengaja merusak fasilitas sarana infrastruktur yang telah kita kerjakan semua itu, masih tanggungjawab kita. Nanti akan ada penyerahan tahap dua pada Juni 2019 datang,” tukasnya.
Namun sebutnya, jika kerusakan fasilitas yang telah ada terus berlangsung setelah diperbaiki, tentunya harus menjadi perhatian serius bagi semua pihak. Baik, Pemko Padang, kecamatan, lurah, tokoh masyarakat, serta pemuda setempat.”Diharapkan ada koordinasi untuk saling mengawasi dan menjaga infrastruktur yang telah di bantu oleh pemerintah pusat melalui program Kementrian PU-PR ini,” katanya.
Ke depannya, ia berharap masyarakat sekitar dan pengunjung untuk menjaga agar fasilitas serta sarana prasarana di kawasan Batang Arau ini. Kepada instansi terkait seperti Satpol PP Padang diminta untuk rutin melakukan pengawasan. (ade)

Exit mobile version