Tingkat Kunjungan Wisatawan Meningkat, Sepanjang 2023, Pemko Meraup Uang Masuk Rp 220 Miliar

KUNJUNGAN WISATAWAN MENINGKAT—Tingkat kunjungan wisatawan di Kota Pariaman saat acara Tabuik tahun 2023 meningkat tajam.

Laporan : Rozi

Tingkat kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman sepanjang tahun 2023 meningkat tajam dari ta­hun tahun sebelumnya. Kenapa tidak untuk tahun 2023 Kota Pariaman dapat meraud dana sekitar Rp 220 Milyar. Lihat saja Pemerintah Kota Pariaman menyebutkan perputaran uang dalam daerahnya sepanjang tahun 2023 dari sektor pariwisata mencapai Rp 220 miliar. Kondisi demikian dapat terwujud karena tingkat kunjungan wisatawan meningkat “Kun­jungan wisatawan sepanjang 2023 kita per­kirakan sekitar 2,2 juta o­rang. Masing-masing wi­sa­­tawan mengeluarkan uang sampai Rp 229 ribu. Namun tentu ada yang belanja di bawah angka itu,” kata Pelaksana Tugas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Ferialdi, kemarin.

Katanya, besaran pengeluaran dari wisatawan tersebut berdasarkan hasil penelitian salah satu perguruan tinggi di Sumbar yang menjalin kerjasama de­ngan Pemkot Pa­riaman. Bahkan untuk meng­hitung uang masuk dan keluarnya juga demi­kian.

Kenapa tidak katanya, untuk menghitung perputaran uang tersebut katanya,  pihaknya mengambil standar belanja wisa­ta­wan di daerah itu sekitar Rp100 ribu per orang se­hingga perputaran uang sepanjang 2023  mencapai Rp 220 miliar. Meski begitu katanya,  pihaknya akan terus membenahi destinasi wisata  dan pelayanan serta meningkatkan promosi dan kerjasama de­ngan berbagai pihak guna mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi ke Kota Pariaman.  “Promosi tetap kami lakukan dan kerja sama dengan biro perjalanan serta asosiasi wi­sata kami tingkatkan. Pro­misikan kita lakukan de­ngan menyertakan ber­bagai keindahan dan keunggulan brbagai objek wisata Kota Pariaman. Mulai wisata pantai sampai wisata alam yang ada di Kota Pariaman,” kata­nya.

Selain itu, lanjutnya Pemkot Pariaman juga menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat dan daerah serta membuka objek wisata baru yang potensial.  Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariaman telah mencatat kunjungan wisatawan ke se­jumlah objek wisata di daerah itu sepanjang 2023 mencapai dua juta orang. “Kunjungan wisatawan sampai akhir 2023 diper­kirakan mencapai angka 2,2 juta,” katanyan.

Dia mengatakan jumlah kunjungan tersebut meningkat dari tahun sebelumnya sekitar 100 kunjungan yang diharapkan jumlahnya semakin meningkat pada tahun  2024. Menurutnya kunjungan tersebut terbanyak terjadi saat rangkaian dan puncak pelaksanaan Tabuik yang mendatangkan sekitar 400 ribu wisatawan. (***)

Exit mobile version