Solok Selatan Bersuka Cita Sambut Kafilah MTQN Tingkat Sumbar

PIALA BERGILIR— Bupati Solok Selatan H. Khairunas dan Wakil Bupati Yulian Efi pegang piala bergilir untuk diperebutkan pada MTQ Nasional ke-40 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023.

PADANG ARO, METRO–Kegiatan pertama yang dilakukan oleh kafilah dari seluruh kabupaten/kota peserta MTQ Nasional XL Tingkat Pro­vinsi Sumatera Barat Tahun 2023 di Solok Selatan adalah Malam Taaruf. Ditujukan sebagai malam penyambutan resmi Solok Selatan selaku tuan rumah kepada seluruh tamu yang datang.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan selain bentuk penghormatan, juga untuk saling mengenal lebih dekat antar peserta.

“Momentum malam taaruf ini, selain sebagai bentuk penghormatan kami Pemerintah Kabupaten Solok Selatan kepada seluruh peserta, official dan kafillah dari 19 Kabupaten Kota, tentunya kami berharap kegiatan ini dapat menjadi media untuk kita memperkuat ukhuwah, rasa persatuan dan kesatuan,” kata Khairunas dalam sambutannya pada Malam Taaruf di Kantor Bupati Solok Selatan, Senin (11/12).

Menurutnya persaudaraan bukan saja mencirikan kualitas ketaatan seseorang terhadap ajaran agama, namun juga sebagai suatu kekuatan perekat sosial untuk memperkokoh kebersamaan dalam membangun bangsa dan negara.

Menurut Bupati, Solok Selatan bangga mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional ke-40 Tingkat Provinsi Sumatera Barat ini. “Niat dan harapan kami yang tercapai saat ini mengobati rasa rindu kami yang terpendam sejak kabupaten ini berdiri lebih kurang 19 tahun lalu,” ungkapnya.

Solok Selatan, kata dia, telah mempersiapkan penyelenggaraan MTQ dengan sebaik-baiknya. Diharapkan seluruh fasilitas dan pelayanan yang diberikan memberikan rasa nyaman dan kesan yang baik bagi seluruh Dewan Hakim, kafilah, official dan peserta lainnya.

Bupati berharap seluruh kafilah menikmati kunjungannya di Solok Selatan. Tak hanya untuk berlomba, juga untuk menikmati suguhan alam serta kulinernya.

“Terakhir kami sampaikan bahwa kegiatan MTQ hanyalah sarana, dan bukan tujuan akhir. Tujuan lebih penting yang sebenarnya ingin kita capai melalui pelaksanaan MTQ ini yaitu peningkatan minat generasi muda, Masyarakat dan kita semua dalam membaca Al-Quran,” tandasnya.

Malam taaruf ini diikuti oleh perwakilan dari 19 kabupaten/kota yang ikut dalam MTQ di Solok Selatan ini.  Pembukaan MTQ Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 akan dilaksanakan pada Selasa (12/12) pukul 19.00 WIB di GOR Rimbo Tangah. (ped/rel)

Exit mobile version