Antisipasi Penyakit Tak Menular dengan Pola Hidup Sehat

PADANGPANJANG, METRO – Mengantisipasi serangan berbagai jenis penyakit tidak menular (PTM), Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang kembali mengencarkan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hal itu diungkapman Wakil Walikota Padangpanjang Asrul, lakukan deteksi dini untuk mencegah jenis PTM  terus mengintai.
Dikatakannya,  rentannya jenis PTM masuk kedalam tubuh disebabkan terjadinya perubahan pola hidup dilingkungan masyarakat. Asrul mengatakan, saat ini kesehatan masyarakat tengah mengalami perubahan pola penyakit.   Perubahan tersebut,  ditandai dengan meningkatnya kematian dan sakit akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, kanker, diabetes dan hipertensi.
Resiko PTM menjadi semakin tinggi disebabkan oleh transisi demografi, semakin meningkatnya proporsi dan jumlah penduduk dewasa hingga lanjut usia yang rentan terhadap penyakit demogratif.
“Akibat tingginya penderita PTM dikarenakan perubahan pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif secara fisik, kebiasaan merokok dan pemakaian alkohol,” sebut Asrul.
Kecenderungan masyarakat yang makan makanan olahan yang tinggi mengandung gula, garam dan lemak, ditambah dengan rendahnya mengkonsumsi buah dan sayur sehingga mengakibatkan obesitas dan gangguan pencernaan.
Lebih lanjut Asrul mengatakan, Promotif dan preventif merupakan upaya yang sangat efektif untuk mencegah meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit menular dan tidak menular.
“Hal ini memerlukan suatu gerakan yang sistematis dan terus menerus untuk mendorong masyarakat agar berprilaku hidup sehat,” jelas Asrul.
Gerakan masyarakat hidup sehat merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kamauan dan keinginan bagi setiap orang untuk hidup sehat dan seimbang.
Upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Padang Panjang melalui Germas diharapkan dapat meningkatnya kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat dengan cara melakukan aktivitas fisik secara teratur dan terukur.
“Konsumsilah sayur dan buah setiap hari, kurangi rokok dan jauhi alkohol, serta lakukan Cerdik (Cek kesehatan secara rutin, dan jauh dari asap rokok,” ajaknya. (rmd)

Exit mobile version