Usai Shalat Jumat di Masjid Nurul Haq, Jamaah Kebagian Makan dan Minum Gratis

SAWAHLUNTO, METRO – Usai ibadah shalat Jumat, ada pandangan yang menarik di Masjid Nurul Haq, Dusun Karang Anyar, Desa Santur, Kecamatan Barangin. Ratusan jamaah yang hendak keluar dari pintu sudah ditunggu oleh kaum ibu dan mereka diberikan makan siang secara cuma-cuma untuk dibawa pulang.
Tak hanya cukup makan siang untuk dibawa pulang, jamaah juga disuguhkan minuman segar pelepas dahaga. Koordinator Bidang Humas Masjid Nurul Haq, Suprapto mengatakan, pembagian makanan dan minuman secara gratis ini sudah dimulai sejak awal November tahun lalu. Semuanya, lanjut Suprapto berasal dari sumbangan masyarakat sekitar masjid.
“Ada yang ingin menyumbang lagi, pihak masjid tentu menerima dengan senang hati. Bahkan yang menyumbang sudah cukup untuk sampai April mendatang,” katanya saat pembagian makanan kepada jamaah pekan lalu.
Ia menambahkan, setiap kegiatan pembagian makanan ini selalu ia unggah di media sosial. Ternyata, banyak yang bertanya dan ingin ikut berbagi juga. “Ada yang chat ke saya, dia posisinya di Lampung. Dia menanyakan ini dimana lokasinya? setelah saya jelaskan semuanya, ikut nyumbang dua ratus ribu. Dari Jambi juga ada, pokoknya berapapun sumbangannya kita tampung,” ujarnya.
Masih kata Suprapto, pihak masjid menganjurkan bagi yang menyumbang untuk langsung membagikan. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk memperpanjang silaturahmi antara jamaah dengan warga yang menyumbang.
“Bukan bermaksud apa-apa, itu bertujuan untuk lebih berbagi kebahagian. Jadi tidak sekedar menyumbang saja, akan tetapi warga yang menyumbang khususnya kaum ibu bisa langsung berkotribusi untuk memberi keamanan dan kenyamaan saat pelaksanaan shalat Jumat. Dengan adanya kontribusi kaum ibu dalam pembagian makanan, anak-anak yang biasanya kurang tertib dalam pelaksanaan sallat jadi lebih tertib,” tuturnya.
Sementara itu, Pengurus Masjid Nurul Haq, Lasiman menambahkan, sangat bersyukur dengan tingginya animo masyarakat untuk bersedekah. Hal tersebut juga bedampak pada kunjungan masjid yang terus meningkat tiap pekannya, dan berpengaruh pada infak masjid juga terus bertambah.
“Pembagian makan siang usai shalat Jumat bisa dikatakan yang pertama di Kota Sawahlunto,” katanya.
Sementara itu salah seorang jemaah shalat Jumat, Riki Yuherman mengaku senang dengan adanya minuman gratis ini. “Saya sangat senang dengan fasilitas ini. Semoga akan menjadi ladang pahala bagi yang menyumbang termasuk pengurus masjid,” ujarnya. (zek)

Exit mobile version