Jaga Keamanan Penumpang Jelang Nataru, BPTD Kelas II Sumbar Sidak Seluruh Bus AKAP

JAGA KEAMANAN PENUMPANG— Tim BPTD Kelas II Sumbar melakukan sidak di Terminal Type A Bareh Solok untuk menjaga keamanan penumpang dan keselamatan atau ramp check terhadap kendaraan umum menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

SOLOK, METRO–Guna menjaga keamanan penumpang, BPTD Kelas II Sumbar dengan didukung oleh Dinas Perhubungan Kota Solok, Polresta dan POM TNI AD melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check terhadap kendaraan umum men­jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Rabu (15/11). Kegiatan Ramp check Nataru 2023/2024 ini berlangsung di area Terminal Type A Bareh Solok.

Irwan selaku Korsatpel (Koordinator Satuan Pelayanan) Terminal Type A Bareh Solok, mengatakan, sasaran dalam kegiatan tersebut Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang sebagian besar dengan tujuan Jakarta, Jawa Barat dan Yogyakarta.

“Ramp Check sendiri bertujuan untuk memastikan kondisi kendaraan sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan. Dan kendaraan yang sudah rampcheck akan diberi stiker jika sudah memenuhi kriteria dalam teknis laik jalan serta administrasi,” ujar Irwan.

Dia menjelaskan petugas secara detail memeriksa ka­ca, lampu, rem, Kemudi, klakson termasuk roda. Semen­tara itu untuk pemeriksaan bus mulai dari ambang batas ketebalan alur ban minimal satu milimeter, tampak terlihatnya serat pada ban, hingga penggunaan ban vulkanisir untuk roda depan dipastikan masih layak jalan.

“Dilaksanakannya ramp check ini merupakan salah satu langkah mencegah kecelakaan dan juga sebagai langkah untuk memastikan keselamatan penumpang,” ujar­nya.

Sementara itu bus yang kedapatan melanggar aturan akan segera diberhentikan dan akan diperbolehkan jalan setelah semuanya telah sesuai standar. Ada sekitar 26 unit bus yang dilakukan pemeriksaan oleh petugas ga­bungan dengan jumlah personil sebanyak 20 orang.

Namun lanjutnya belum ditemukannya bus yang melanggar aturan. Petugas telah mengingatkan kepada sejumlah pengemudi karena salah jalur dan waktu pengujian KIR sudah dekat. Sebagai bukti untuk kendaraan yang telah diperiksa petugas akan memasang Stiker sebagai tanda bukti telah dilakukan cek fisik. (vko)

Exit mobile version