Syarikat Islam Sumatra Barat Mambangkik Batang Tarandam

Ketua DPW Syarikat Islam Provinsi Sumatera Barat Kombes Pol (Purn) Mukhlis Mansur S.i.K, di Padang.

PADANG, METRO–Menggerakkan dakwah dan membangkitkan ekonomi umat. Langkah tersebut menjadi impian bagi tokoh-tokoh pendiri bangsa, khusus­nya­ ­saat mendirikan Sarekat Dagang Islam yang kemudian menjadi Sarekat Islam.

“Impiannya mengem­bang­­kan ekonomi umat. Ketika didirikan, cita-citanya mem­­perjuangkan pedagang pribumi bisa sejajar dengan pedagang asing saat itu. Kini hal tersebut tetap menjadi komitmen,  dakwah dan eko­nomi,” kata Ketua DPW Sya­rikat Islam Provinsi Sumatera Barat Kombes Pol (Purn) Mu­kh­lis Mansur S.i.K, di Pa­dang.

Mukhlis Mansur menyebutkan, menggerakkan eko­nomi umat dalam bentuk usa­ha sangatlah penting. Kebutu­han hidup yang semakin tinggi, lapangan pekerjaan yang semakin sempit, perlu disikapi dengan langkah-langkah stragis, jika tidak, maka pere­konomian anak bangsa tetap akan terpuruk.

“Langkah untuk mensejahterakan masyarakat tentu dengan pendidikan dan menggerakkan ekonomi, upaya ter­sebut akan menjadi target utama bagi Sarekat Islam Sumatera Barat,” kata Mukh­lis Man­sur disela-sela persiapan pe­lantikan DPW Syari­kat ­Islam Provinsi Sumatera Ba­rat.

Tokoh asal Padangpariaman ini menyebutkan pula, dalam sejarahnya, Sarekat Islam yang pada mulanya bernama Sarekat Dagang Islam, didirikan Samanhudi,  kemudian diketuai Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto atau HOS Tjokroaminoto. To­koh-tokoh bangsa kemudian lahir dari sini.

Sejak kelahiran Sarekat Islam, aktivis dan tokoh-tokoh asal Minangkabau banyak berkiprah di organisasi ini, diantaranya  M. Natsir, Agus Salim, Tan Malaka, Buya Hamka. Ikut berjuang bersama Syarikat Islam.

Berdirinya Syarikat Islam di Surakarta menjalar ke berbagai daerah. Termasuk ke Sumbar, namun di Ranah Minang, organisasi ini vakum sejak 1973.

“Kini kita kembali menghadirkannya dengan harapan bisa memberikan sesuatu untuk bangsa melalui Sumatera Barat,” kata  Mukhlis Mansur sembari menyebutkan, jika tak ada halangan, kepengurusan Syarikat Islam Provinsi Sumatera Barat dilantik Senin, 13 Novem­ber 2023 oleh Ketua Umum Pimpinan Pu­sat ­Sya­rikat Islam Hamdan Zoel­va, dilanjutkan Dialog Budaya. (rel)

Exit mobile version