Cegah Gangguan Kamtibmas Jelang Pemilu, Polres Sijunjung Gelar Tabligh Akbar

SIJUNJUNG, METRO – Pemilu semakin dekat dan semakin hangat ditengah masyarakat. Berbagai isu dan topik politik jadi pembicaraan sehari-hari oleh masyarakat saat ini, tak heran adanya perbedaan pilihan dan jalur politik kerap kali memicu terjadinya pertikaian dan permasalahan antar individu, suku, kelompok dan kalangan.
Bahkan jika berlarut, situasi seperti ini dapat menyebabkan gangguan kamtibmas. Khususnya di Kabupaten Sijunjung, tak heran Kapolres dan jajaran terus berinovasi menyusun strategi dalam pengamanan dan menjaga situasi kondusif ditengah masyarakat. Diantaranya dengan menggelar tabligh akbar dan memberikan pesan melalui ceramah agama.
Hal ini direspon dengan antusias ditengah masyarakat saat menggelar acara tabligh akbar, Rabu (6/2) bertempat di Masjid Raya Kamang Baru, Sungai Tambang. Ribuan warga pun hadir untuk mendengarkan santapan rohani dengan tema mewujudkan situasi kondusif diwilkum Polres Sijunjung guna menyukseskan pilpres dan pileg yang damai dan badunsanak serta menjalin silaturahmi dengan sesama muslim.
Kapolres Sijunjung, AKBP Driharto didampingi Wakapolres Kompol Suyanto, Kasat Binmas Iptu Syafril dan Kasubag Humas Iptu Ajo Nasrul mengatakan, bahwa kegiatan tabligh akbar tersebut digelar dalam rangka meningkatkan sinergitas dan soliditas antar aparatur pemerintahan dan seluruh elemen masyarakat. Hal ini dimaksudkan dalam menciptakan kebhinekaan yang utuh, aman, damai dan kondusif dalam bingkai NKRI.
“Dengan kegiatan tabligh akbar ini, kita harapkan terciptanya kebhinekaan yang utuh, aman, damai dan kondusif dalam bingkai NKRI. Juga untuk peningkatan sinergisitas dan soliditas pada seluruh elemen masyarakat. Apalagi saat ini tahun politik yang rentan sekali timbulnya persoalan akibat perbedaan pilihan politik, kita harap dengan ceramah agama ini bisa memberi pencerahan dan mempererat silaturahmi,” tutur AKBP Driharto.
Ia menambahkan, kegiatan tabligh akbar merupakan salah satu cara untuk pencegahan terjadinya gangguan kamtibmas akibat perselisihan pendapat. Serta untuk mendinginkan suasana dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk secara aktif bersama-sama mewujudkan suasana kamtibmas yang kondusif khususnya di wilayah hukum Polres Sijunjung, baik itu sesama umat muslim maupun pemeluk agama lainnya.
“Mari kita bersama-sama bersinergi menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif, aman dan nyaman di wilayah hukum Polres Sijunjung. Kami juga meminta doa kepada para ulama, tokoh masyarakat agar semua yang hadir dalam acara tabligh akbar ini untuk senantiasa diberikan keselamatan kesehatan sehingga dapat bersama sama menciptakan kamtibmas di wilayah Kabupaten Sijunjung yang kondusif,” imbuhnya.
Pada kesempatan itu, AKBP Driharto juga mengajak semua elemen masyarakat dalam menghadapi pilpres dan pileg 2019 mendatang untuk bersama Polri menciptakan situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif serta menolak berita bohong (hoaks), ujaran kebencian dan isu sara yang berpotensi dapat memecah belah persatuan dan silaturahmi.
“Mari bersama TNI Polri menjaga kamtibmas, menolak berita hoaks, ujaran kebencian dan isu Sara serta paham radikalisme, “ imbaunya.
Kegiatan tabligh akbar tersebut diisi dengan tausyiah oleh tiga orang penceramah yakni Ustaz Zaenal Muttaqin, Ustaz Asyam Hafiz Lc dan Ustaz Hidayatullah Al Faruq serta diikuti oleh seluruh Kabag, Kasat, Kapolsek serta seluruh personel di jajaran Polres Sijunjung dan Bhayangkari. Selain itu juga dihadiri oleh muspida Kabupaten Sijunjung, camat, para tokoh agama,ormas dan masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Sijunjung. (ndo)

Exit mobile version