Jelang Masa Jabatan Berakhir, Mardison Jadi Ketua Dekopinda

PENGUKUHAN— Wawako Mardison Mahyuddin dikukuhkan sebagai Ketua Dekopinda Kota Pariaman.

Laporan: Efanurza Kota Pariaman

Menjelang masa akhir jabatannya sebagai Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mah­yuddin, kemarin, menjadi Ketua Dewan Koperasi Indonesia Dae­rah (Dekopinda) Kota Pariaman periode 2023 – 2028.  Pengukuhan pengurus Dekopinda Kota Pariaman ini sipimpin langsung oleh Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Suma­tera Barat, Hendra Irwan Rahim.

Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin mengatakan Dekopinda merupakan  lembaga yang sah dan dilindungi  oleh Undang-Undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian.  Kemudian didukung de­ngan Keputusan Presiden RI nomor 6 tahun 2011 tentang pengesahan anggaran dasar Dekopin.

“Kemampuan organisasi Dekopin dalam melaksanakan UU di atas, perlu ditingkatkan agar kepercayaan Gerakan Koperasi dan masyarakat dapat terpelihara, sebab tujuan-tujuan orga­nisasi Dekopin merupakan resultan dari tujuan-tujuan para anggotanya,” ujarnya.

Mardison Mahyuddin me­nyebutkan Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang fungsi utamanya untuk meningkatkan kesejehteraan anggota dan ma­syarakat, karena itu ia sangat mendukung peran Koperasi da­lam memajukan daerah.

“Saat ini Kota Pariaman memiliki potensi ekonomi Koperasi & UMKM yang besar, bila melihat jumlah pelakunya, tercatat pada tahun 2023, Kota Pariaman memiliki jumlah Koperasi seba­nyak 90 Koperasi disertai dengan jumlah UMKM sebanyak 10.114 UMKM, sehingga potensi ini kiranya dapat mengangkat pertumbuhan kemajuan dari Kota Pariaman,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan de­ngan melihat jumlah Koperasi dan UMKM tersebut, dirinya berharap agar koperasi dan UMKM berdaya saing dan memiliki multiplayer effect dalam menyumbang pertumbuhan ekonomi daerah baik di sector riil maupun di sector keuangan.

Sementara itu Ketua Dekopinwil Sumatera Barat, Hendra Irwan Rahim, mengucapkan selamat kepada Pengurus Dekopinda Kota Pariaman periode 2023 – 2028 yang baru dilantik, dna mengatakan bahwa Pengurus Dekopinda, mempunyai tugas memperjuangkan dan me­nyalurkan aspirasi Koperasi, kemudian bagaimana meningkatkan kesadaran berkoperasi di kalangan masyarakat.

“Kita harapkan pengurus yang baru dilantik dapat mena­namkan kepercayaan kepada Gerakan Koperasi dan masya­rakat, sehingga keberadaan Dekopinda, betul-betul dirasakan yang dapat mencarikan jalan terhadap Gerakan Koperasi,” ucapnya.

Lebih jauh disampaikan oleh Hendra Irwan Rahim, bahwa pengurus Dekopinda harus  me­lakukan pendidikan perkoperasian bagi anggota dan masyarkat dan mengembangkan kerja sa­ma antar Koperasi dan antara Koperasi dan dengan badan u­saha lain, baik pada tingkat dae­rah maupun nasional.

“Kami percaya dibawah ke­pemimpinan Mardison Mahyuddin sebagai Ketua Dekopinda, yang juga Wakil Wali Kota Pariaman ini, telah mendapatkan penghargaan sebagai tokoh peng­gerak Koperasi tingkat pratama pada puncak peringatan hari Koperasi tingkat Nasio­nal, dimana Penghargaan tersebut, diterima langsung oleh Mardison dari Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, pada Juli 2023 kema­rin,” ujarnya.

Sebelumnya, Mardison Mah­yuddin menjadi inspektur Upacara (irup) Bendera di SMA N 1 Pariaman, ini pesan Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mah­yuddin.  “Anak-anak ku merupakan harapan bangsa dan negara, untuk itu mulai dari sekolah, kita harus membentuk karakter dan menimba ilmu dengan baik, agar dapat menjadi generasi mumpuni dalam menyongsong masa depan nanti,” ujarnya.

“Hari ini secara langsung saya datang dan berkunjung ke sekolah sebagai pembina upa­cara untuk menyampaikan serta melihat secara langsung bagai­mana proses belajar me­ngajar antara anak-anak dengan seluruh majelis guru termasuk juga lingkungan sekolah,” ujar­nya.

Mardison mengatakan bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat pentingt, karena dengan pendidikan yang baik, seseorang dapat memberikan manfaat bagi dirinya maupun bagi orang lain dan bisa merubah nasib suatu bangsa. “Pendidikan sangat penting dan berguna sekali bagi masa depan anak-anakku, terutama pelajar dari SMA N 1 Pariaman ini, karena SMA ini merupakan role model bagi sekolah-sekolah lain dengan berbagai prestasi yang telah diraihnya, serta banyak alum­ninya yang berkuliah di universitas terbaik di Indonesia dan mancanegara,” tukasnya.

Mardison Mahyuddin yang juga Ketua Badan Narkotika Kota (BNK) Pariaman mengatakan bahwa Generasi muda adalah calon pemimpin bangsa ini ke depan, jika mereka terbebas dari Narkoba maka mereka akan menjadi pemimpin yang baik dan dapat diandalkan. “Untuk mewujudkan semua itu, pembekalan kepada anak-anak sekolah perlu dilakukan karena di semua lini sekarang ini sudah dimasuki narkoba, karena itu, saya me­ngajak anak-anakku semua dan semua majelis guru, untuk kita rapatkan barisan bersama-sa­ma bersatu padu, menyatakan perang terhadap narkoba,” tandasnya mengakhiri. (***)

Exit mobile version