Antisipasi Bencana, Pemda Tanah Datar Beli 2 Unit Ekskavator

ALAT BERAT—Bupati Tanahdatar Eka Putra mencoba menaiki alat berat yang digunakan sebagai kesiapsiagaan bencana.

TANAHDATAR, METRO–Tanah Datar merupakan salah satu kabupaten yang ada di wilayah provinsi Sumatera Barat, berada di daerah dataran tinggi dan merupakan daerah pegunungan tentunya ka­bupaten Tanah Datar me­rupakan salah satu daerah yang sering terjadi bencana tanah longsor.

Menyikapi hal tersebut dan untuk mengantisipasi terjadinya bencana di wi­layahnya pemerintah ka­bupaten Tanah Datar melalui Dinas PUPR melakukan pengadaan alat berat (eskavator) baru sebanyak dua unit.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM didampingi Kepala Dinas PUPR Ten Feri beserta jajarannya dan Kabag Prokopim Dedi Tri Widono saat mengecek langsung alat berat yang baru dibeli di Workshop Dinas PUPR di Bukit Gombak, Rabu sore (12/7), menjelaskan bahwa pengadaan dua unit alat berat ini tujuan utamanya untuk mengantisipasi seandai­nya terjadi bencana di wi­layahnya.

“Iya, tahun ini kita beli dua unit eskavator dengan kapasitas 5 ton dan 7.5 ton. Ini gunanya untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada terjadi bencana, karena daerah kita ini ra­wan bencana terutama ben­cana tanah longsor,” terang Bupati.

Lebih lanjut kata Bupati Eka Putra, alat berat ini juga akan dimanfaatkan untuk memperlancar kerja Dinas PUPR dan juga untuk memenuhi kebutuhan ma­syarakat Tanah Datar secara umum.

“Beberapa waktu lalu didaerah kita pernah terjadi  bencana tanah longsor di beberapa titik da­lam waktu yang bersamaan, sementara waktu itu alat berat yang kita punya cu­ma satu unit, jadi kita me­ngalami kesulitan daerah mana yang harus didahulukan sementara semua­nya butuh pena­nganan cepat, terpaksalah waktu itu kita harus menyewa alat berat dari rekanan. Jadi, dengan tambahan dua unit alat berat ini harapannya kita bisa dengan cepat melakukan antisipasi seandainya terjadi bencana di kabupaten Tanah Datar,” jelasnya. (ant)

Exit mobile version