Konsisten Terapkan K3 Dalam Proyek Pembangunan, PLN UIP Sumbateng Terima Penghargaan

PENGHARGAAN— PLN UIP Sumbagteng menerima Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award) Tahun 2023.

PADANG, METRO–Dalam acara Penyerahan Penghargaan Kesela­ma­tan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2023 oleh Ke­menterian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Direk­torat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ke­tena­ga­kerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Tengah (PLN UIP Sumbagteng) menjadi salah satu dari sekian perusahaan yang menerima Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award) Tahun 2023.

Kegiatan Penyerahan Penghargaan K3 tersebut dilaksanakan pada 22 Juni 2023 di The Tribrata Convention Center, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan yang dihadiri oleh oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si.

Dalam kesempatan yang berbeda Pejabat Pengen­dali Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) PLN UIP Sumbagteng, Davis Fojem menyam­paikan bahwa penghargaan yang diterima merupakan pengingat agar PLN UIP Sumbagteng tetap ber­sungguh-sungguh dalam menerapkan K3.

“Dalam melaksanakan kegiatan proyek, kese­la­matan adalah hal yang utama, untuk itu setiap kegiatan ha­ruslah dilakukan dengan standar prosedur yang telah ditetap­kan, seperti kegiatan Safety Patrol yang merupakan agenda rutin bulanan yang konsisten dilaksanakan di seluruh proyek PLN UIP Sumbagteng sebagai antisipasi dalam menanggulangi permasa­la­han K3 yang ada. Hal utama yang harus selalu diingat ada­lah tidak ada yang lebih berharga dari pada nyawa manusia, disamping mencapai progres pekerjaan, lebih utama lagi kecelakaan kerja harus diperhatikan dan dihindari dalam melakukan kegiatan apalagi pekerjaan yang berisiko tinggi “, ujarnya.

Dalam kegiatan Safety Patrol, setiap temuan yang ada selanjutnya akan dibahas dalam sebuah rapat ber­sama antara Tim K3, Pengawas, serta Pelaksana Pe­ker­jaan, untuk selanjutnya ditindaklanjuti sehinggga se­suai dengan standar dan batas waktu yang ditetap­kan. Ke­giatan Safety Patrol bertujuan menjamin ter­laksananya im­plementasi sistem manajemen K3 di ling­kungan pekerjaan khususnya dilingkungan pem­bangunan proyek ketenagalistrikan oleh PLN UIP Sumbagteng.

Senada dengan Davis, General Manager PLN UIP Sumbagteng, I Njoman Surjana D. mengatakan “agar selalu memperhatikan Keselamatan kerja dan mengikuti Prosedur Operasional Standar serta memakai Alat Pengaman Diri (APD) dalam melakukan aktivitas pekerjaan sehingga terhindar dari kecelakaan kerja yang dapat merugikan fisik apalagi nyawa manusia yang jauh lebih berharga saat dilapangan. Kami minta pekerjaan dapat diselesaikan dengan Zero Accident, karena Zero Accident menjadi target kita” ungkapnya. (hsb/rel)

Exit mobile version