192 Pencaker Sijunjung Dibekali Pelatihan Gratis

SIJUNJUNG, METRO – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sijunjung kembali membuka pelatihan ketenagakerjaan bagi para pencari kerja yang ada di Kabupaten Sijunjung. Hal tersebut dilakukan untuk membekali pencari kerja dengan kompetensi dan keahlian khusus sebagai upaya untuk menekan angka pengangguran.
Pelatihan yang secara resmi dibuka oleh Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin pada Kamis (24/1) yang bertempat di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) itu, merupakan paket pertama yang digelar pada 2019 ini. Pelatihan ini diikuti sebanyak 192 pencari kerja dan dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, 24 Januari hingga 13 Maret mendatang. Para peserta yang ikut berasal dari berbagai nagari yang ada di Kabupaten Sijunjung.
Pada acara pembukaan dilakukan pemasangan tanda peserta, penyerahan bahan, peralatan dan baju seragam praktek kepada peserta perwakilan. Pelatihan yang diikuti mulai dari menjahit, mekanik sepeda motor, komputer, tata boga dan membatik sebanyak dua paket. Serta pelatihan instalasi penerangan dan tenun sebanyak satu paket.
“Pelatihan untuk tenaga kerja ini sangat gencar dilakukan oleh selama dua tahun terakhir dan meningkat jumlah paketnya setiap tahun. Baik itu bersumber dari APBD, Pemprov dan Kementerian. Ini semua bertujuan untuk menekan angka pengangguran dan kemiskinan di daerah,” tutur Yuswir didampingi Kepala Disnakertrans Sijunjung, Riky Maineldi Neri, Kamis (24/1).
Yuswir menjelaskan, ada bermacam jenis paket pelatihan yang disediakan. Yuswir mengharapkan kepada seluruh peserta untuk serius dan sungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini. “Jangan usai mengikuti pelatihan, kita kembali ke titik nol seperti semula. Bila ini yang terjadi, berarti tujuan penyelenggaraan pelatihan tidak tercapai. Hanya membuang-buang waktu, tenaga, pikiran dan dana,” kata Yuswir.
Kepala Disnakertrans Sijunjung, Riky Mainaldi Neri mengatakan, dari 12 paket pelatihan yang diselenggarakan, pelatihan instalasi penerangan, sepeda motor dan pelatihan tata boga dilaksanakan di BLK serta di Nagari Aie Amo dan di Nagari Tanjung Gadang. (ndo)

Exit mobile version