PE Padangpariaman Tumbuh Baik, Lengkapi Dokumen, Permudah Perizinan Usaha

FOTO BERSAMA— Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang foto bersama saat menghadiri acara Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Berbasis Resiko, bagi Pelaku Usaha se Kabupaten Padangpariaman.

PDG.PARIAMAN, METRO–Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang me­nyampaikan dalam berusaha tak ubahnya seperti mengendarai kendaraan, ketika seluruh surat me­nyurat, dan kelengkapan lainnya lengkap, maka semua pihak akan merasakan kenyamanan dalam berkendara. “Dalam berusaha jika semua dokumen perizinan, dan kelengkapan lainnya sudah kita miliki maka akan membuat kepercayaan diri yang tinggi dalam berusaha,” kata Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang, kemarin, usai membuka secara res­mi Bimbingan Teknis Peri­zinan Berusaha Berbasis Resiko, bagi Pelaku Usaha se Kabupaten Padangpa­riaman.

“Oleh karena itu, mari kita tunduk kepada aturan dan regulasi, lengkapi semua dokumen perizinan. Jika usaha kita memiliki izin, dengan demikian dapat memantapkan kita dalam berusaha,” katanya.

 Dia melanjutkan bahwa pertumbuhan ekonomi kabupaten Padang pariaman tahun 2022 mengalami peningkatan yang cu­kup signifikan mencapai angka 6,87%, pertumbuhan ini tertinggi di Sumbar, bahkan melampaui pertumbuhan Nasional.

“Penyumbang tertinggi capaian tersebut yaitu U­saha Mikro Kecil Mene­ngah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) mencapai 4,69%, usaha yang ba­pak ibu lakoni saat ini,” ung­kapnya.

Terakhir Rahmang me­nyampaikan rasa bangganya melihat para pelaku usaha yang terus bertumbuh dan berkembang di Padang Pariaman ter­khu­sus kepada para pelaku UMKM dan IKM.

“Semoga para pelaku usaha kita di kabupaten Padangpariaman mampu bersaing baik dalam dae­rah, Provinsi maupun Nasional,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Padangpariaman Yutiardy menyampaiakan harapannya bahwa dalam Meng­hadapai tantangan global saat ini kita akan dihadapkan dengan persaingan bisnis yang ketat persai­ngan mutu dan kualitas produk baik dari dalam maupun dari luar negeri.

“Untuk itu saya berharap kepada pelaku usaha IKM dan UMKM yang ada di Padang Pariaman harus bisa meningkatkan kapasitas, kualitas, mutu dan rasa dari produk kita agar mampu bersaing de­ngan kompetitor lainnya,” harapnya

Selanjutnya Yutiardy mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Padangpariaman terus berupaya memberikan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha melalui kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah Daerah termasuk meningkatkan layanan perizinan dengan melahirkan berbagai i­no­vasi pelayanan dalam kemudahan berusaha di Pa­dangpariaman.

Sementara itu, Koordinator Bidang Penanaman Modal DPMPTP Zizi Rizki Aktawira melaporkan bahwa kegiatan ini bersumber dari DAK non fisik tahun 2023.  “Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari diikuti  para pelaku ekonomi industri kecil menengah, dari berbagai jenis usaha di Kabupaten Padangpariaman dengan jumlah peserta sebanyak 90 orang,” tambhanya mengakhiri. (efa)

Exit mobile version