Brigadir Adrian Ade Putra Miliki Wilayah Binaan Terbanyak

LIMAPULUH KOTA, METRO – Nama Brigadir Adrian Ade Putra di Polres Limapuluh Kota tidak asing lagi. Pria kelahiran Padang 13 April 1987 ini mampu menorehkan tiga penghargaan dalam rentang waktu dua tahun menjadi Bhabinkamtibmas.
Torehan prestasi dari waktu ke waktu seakan tak pernah luput menghampirinya. Anak tercinta pasangan H.Efrizon, dan Hj.Hirnawati ini tidak hanya mendapat penghargaan dari Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Haris Hadis, S.Ik tetapi juga dari orang nomor satu di Luak Limo Puluah (Kabupaten Limapuluh Kota), Bupati H.Irfendi Arbi.
Penghargaan dari Bupati Lima Puluh Kota pada tanggal 18 November 2017 lalu atas keberhasilannya melakukan pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat Nagari Andiang dan menekan terjadinya tindak pidana di kenagarian Andiang dan mewujudkan nagari Andiang aman, tertib dan damai.
Sedangkan dua penghargaan lagi diberikan Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Haris Hadis, yang diserahkan pada tanggal 17 Januari 2018 atas keberhasilannya membangun kepercayaan masyarakat terhadap polri dengan keaktifannya dalam melakukan pembinaan keamanan dan ketertiban di wilayah binaannya.
Kemudian baru-baru ini Brigadir Adrian Ade Putra juga diganjar Penghargaan dari Polres Lima Puluh Kota pada tanggal 17 Januari 2019 atas prestasinya mengunjungi warga dari pintu rumah ke pintu rumah terbanyak dan penyelesaian permasalahan warga terbanyak sepanjang tahun 2018.
Bapak Dua anak itu seakan tidak pernah letih untuk mengunjungi warga setiap rumah untuk sekedar menyapa. Keramahannya menjadi contoh bagi masyarakat dibawah pengawasan tugasnya sebagai Bhabinkamtibmas.
Luasnya wilayah tugas sebagai Bhabinkamtibmas yaitu meliputi Tiga Nagari dengan 17 Jorong. Masing-masing Nagari Sungai Rimbang, Nagari Limbanang dan Nagari Andiang di Kecamatan Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota, ternyata tidak menyurutkan semangatnya.
Geografis wilayah perbukitan dan jauhnya jarak satu kampung dengan kampung lainnya justru menjadi tantangan tersendiri bagi Brigadir Adrian Ade Putra. Dirinya yang bertugas sejak 21 Januari 2017 silam, mengaku bangga dan senang bisa menyapa dan membantu masyarakat dalam melahirkan berbagai terobosan dan gagasan.
“Alhamdulillah, saya sangat senang bisa menyapa masyarakat. Bersama masyarakat berbincang melahirkan ide dan gagasan adalah salah satu kebahagian tersendiri bagi saya. Apalagi berbagai terobosan bisa diwujudkan secara bersama-sama. Menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di tengah-tengah masyarakat jika kita bersama bisa dipecahkan dan dicarikan jalan keluarnya,” cerita Brigadir Adrian Ade Putra saat bercengkrama dengan awak media.
Disebutkan Adrian begitu sapaan akrab Brigadir Adrian Ade Putra, dirinya bersama masyarakat juga membuka “rumah kamtibmas” di setiap nagari binaannya. Dimana gunanya untuk menerima laporan gangguan kamtibmas, perjudian, peredaran narkoba dan tindak pidana lainnya yang terjadi di naari binaan. Kemudian Bhabinkamtibmas juga menerima konsultasi permasalahan hukuman pidana dan perdata secara gratis.
Dikenal sebagai sosok yang ramah, ringan tangan penolong serta dekat dengan seluruh perangkat nagari dan seluruh lapisan masyarakat.
“Kita memang memprogramkan dimana selalu mengunjungi warga satu persatu dari rumah ke rumah untuk mendengarkan keluhan masyarakat tentang permasalahan kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya,” sebut Adrian lebih jauh.
Selain itu dirinya selalu di setiap keramaian dan warung-warung kopi yang ada di nagari, untuk memberikan himbauan kamtibmas dan bersilaturahmi serta aktif di setiap kegiatan keagamaan yang diadakan oleh pemerintahan nagari. Selalu memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang memerlukan, menggerakan kegiatan masyarakat yang bersifat positif.
“Kita datangi masyarakat, kita hadir ditempat keramaian, seperti warung. Ini semuanya saya lakukan tidak terlepas dari arahan Kapolres dan Kapolsek bapak Yustian Syaiful dan Kasat Binmas H.Syafrizen, SH, saya mengucapkan terimakasih kepada bapak-bapak yang sudah memberikan arahan untuk ini semua, dan terimakasih kepada masyarakat yang sudah menerima saya untuk saling mengingatkan dalam kebaikan,” sebutnya. (us)

Exit mobile version