55 orang relawan demokrasi Pemilu 2019 mengikuti Bimtek oleh KPU

SAWAHLUNTO, METRO – Sebanyak 55 orang relawan demokrasi Pemilu 2019 mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto selama dua hari di Hotel Parai, Rabu dan Kamis (23-24/1). Bimtek ini bertujuan untuk membekali relawan demokrasi dengan ilmu kepemiluan dan cara cara bersosialisasi di masyarakat.
“Selain itu, kegiatan ini untuk menyamakan persepsi relawan demokrasi sebelum melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih Pemilu 2019,” ungkap Ketua KPU Sawahlunto, Fadhlan Armey.
Ia menambahkan, hasil dari bimtek ini akan terlihat nanti pada 17 April 2019 dengan melihat partisipasi masyarakat untuk memberikan hak pilihnya.
“Begitu juga bagi relawan demokrasi perlu menjaga independensi dan berintegritas dalam melaksanakan tugas berkaitan dengan isu-isu negatif atas hoaks perlu dinetralisir dan berikan penjelasan kepada masyarakat,” jelasnya lagi.
Sementara sebagai pemateri dalam bimtek ini yaitu Komisioner KPU Sumbar, Gebril Daulay dan juga trainer/motivator dari Padangpanjang, Bambang Satria serta Komisioner KPU Sawahlunto. Lebih lanjut dikatakannya, relawan demokrasi merupakan mitra strategis KPU untuk melakukan sosialisasi Pemilu 2019 kepada masyarakat.
Sekretaris KPU Kota Sawahlunto, Bet Mukhardi menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan menambah wawasan dari para relawan demokrasi yang tersebar di 10 basis pemilih. Selain itu, juga pembinaan mental yang kokoh sebagai pejuang demokrasi khususnya di bidang kepemiluan. (zek)

Exit mobile version