Hari Hermawan Dinilai Tim Provinsi

TANAHDATAR, (metronews)–Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) Hari Hermawan dari Puskesmas Sungayang, Kabupaten Tanahdatar dinilai tim penilai Provinsi Sumatera Barat, Selasa (6/6) di Puskesmas Sungayang.

Ia dinilai karena memiliki inovasi dalam bidang kesehatan. Inovasinya diberi nama PARCEL Digital adalah singkatan dari Pantau, Rekam, Cermati dan Evaluasi hasil Laboratorium.

Inovasi PARCEL Digital tersebut merupakan karyanya sendiri, bukan saduran dari manapun.

Disebutkan Hari Hermawan, tujuan dari PARCEL Digital adalah untuk pemantauan dan Evaluasi hasil Laboratorium

Ia menjelaskan, manfaat inovasi memiliki dua arah yaitu manfaat bagi pasien adalah bermanfaat untuk pemantauan riwayat hasil laboratorium secara mandiri.

Sedangkan manfaat bagi klinisi adalah untuk membantu pemberian terapi obat berdasarkan riwayat hasil laboratorium lengkap yang semuanya berbentuk grafik dan dikemas dengan cara digital yaitu dengan hanya scan barcode yang ada.

Kepala.Dinas Kesehatan Tanahdatar Yesrita Zedrianis melalui Kabid Yankes Purwanto mengatakan Inovasi Parcel Digital di Tanahdatar sebuah terobosan baru dalam dunia kesehatan. Masyarakat dapat dengan mudah mengakses riwayat kesehatannya, seperti yang telah dijelaskan diatas.

“Kita akan mendorong dunia kesehatan di Tanahdatar untuk memakai Inovasi PARCEL Digital,” katanya.

Ia berharap Inovasi PARCEL akan dapat ditularkan ke seluruh puskesmas di Tanahdatar.

Sebelumnya, salah seorang tokoh masyarakat Sungayang Izhar Rashid sangat mengapresiasi Inovasi PARCEL Digital. Semoga Hari Hermawan dapat meraih nilai terbaik dan dapat mewakili Provinsi Sumbar ke tingkat Nasional.

“Semoga Hari Hermawan bisa meraih nilai terbail dan dapat mengharumkan nama Tanahdatar maupun Sumbar di tingkat Nasional,” katanya.

Setelahnya, Tim penilai yang terdiri dari tiga orang, dari RSUP M.Djamil Zulkarnaini dan Dosen Poltekes Padang Miladil Fitra serta Rini dari Dinkes Provinsi Sumbar sebagai pendamping.

Ketiganya telah melakukan verifikasi dan kunjungan kelapangan serta melakukan penilaian terhadap Inovasi PARCEL Digital milik Hari Hermawan.

Secara umum tim penilai merasa takjub terhadap hasil karya pegawai Puskesmas Sungayang tersebut.

“Kita sudah melakukan verifikasi hingga kunjungan lapangan, kami terkesan dan takjub dengan Inovasi ini,” ungkapnya. (ant)

Exit mobile version