Aua Sarumpun Geopark Festival Resmi Dibuka, Bupati Minta Lahirkan Ide dan Konsep yang Kuat

TABUH GANDANG—Didampingi Wali Nagari III Koto Willy Adha, Bupati Eka Putra menabuh gandang, sebagai tanda dimulainya Satu Nagari Satu Iven do Nagari III Koto.

 

TANAHDATAR, METRO–Menjadi salah satu Program Unggulan (Progul) Tanah Datar, Program Satu Nagari Satu Event telah mampu mendorong ber­bagai elemen dalam ma­sya­rakat untuk turut serta menyemarakkan dan me­nyukseskannya.  Hal ini disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra saat membuka secara resmi Aua Sarumpun Geopark Festival 2023, Minggu (21/5) yang turut dihadiri Gubernur Sumbar diwakil Kabid Pariwisata Asril, Ketua DPRD Tanah Datar Ronny Mulyadi Dt. Bungsu, Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra, para Asisten, Kepala OPD, ketua LKAAM Tanah Datat, Camat dan Wali Nagari serta undangan lainnya.

Bupati Eka Putra berharap, panitia bersama masyarakat dan elemen terkait yang terlibat dalam Progul ini terus berupaya menggali ide-ide dan me­lakukan berbagai inovasi untuk kemajuan event ini ke depannya. “Saya berharap, panitia bersama pihak lainnya memikirkan bagaimana event di nagari ini memiliki konsep yang lebih kuat dan memiliki ka­rakter khas sehingga menarik masyarakat ataupun wisatawan untuk berkunjung menikmati berbagai kekayaan budaya, adat dan kuliner yang disugu­h­kan,” sampainya.

Di samping itu, tambah Bupati Eka Putra, promosi untuk memperkenalkan ke khalayak ramai tentunya memiliki peranan penting yang harus dilakukan, se­hingga tidak hanya mampu menarik para wisatawan namun juga mampu menarik para investor untuk mendukung event ini.

“Puncak Aua Serumpun telah ditetapkan Kementerian ESDM RI sebagai salah satu Geositenya Geopark Danau Si­nga­karak, dan bahkan dari beberapa kunjungan dari pejabat dari Pe-merintah Pusat ada yang menyebut lokasi ini seperti Swiss ketika musim panas. Potensi inilah yang harus terus dimanfaatkan dan dipromosikan, salah satunya melalui event hari ini. Dan Pemerintah Daerahpun telah melakukan promosi dengan memasang banner-banner wisata di lokasi-lokasi strategis seperti bandara dan di kereta api,” ungkap Eka.

Sebelumnya Wali Nagari III Koto Willy Adha menyampaikan terima ka­sih atas kedatangan Bupati bersama rombongan untuk membuka Aua Sarumpun Geopark Festival 2023 yang sudah dilaksanakan untuk kedua kalinya. “Alhamdulillah, terima kasih pak Bupati atas kesediaannya membuka event ini, tentunya kehadiran Bapak menjadi penyemangat dan motivasi tersendiri bagi kami masyarakat Nagari III Koto,” ujarnya.

Dikatakan Willy Adha, pelaksanaan Program Satu Nagari Satu Event di Nagari III Koto telah dirasakan manfaatnya bagi ma­sya­rakat, baik itu dalam pelestarian adat istiadat ataupun perputaran ekonomi. “Berkat event ini, sema­ngat masyarakat untuk melestarikan dan membangkitkan berbagai adat istiadat dan budaya di Nagari III Koto secara perlahan sudah dilakukan, tentunya hal ini menjadi hal positif, disamping pergerakan ekonomi yang dirasakan bagi pedagang dan UMKM kami yang membuka stand di lokasi ini,” ujar­nya.

Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan, Willy berharap kepada Bupati untuk menganggarkan perbaikan jalan ke lokasi aua sarumpun.  “Alhamdulillah, pak Bupati sudah menganggarkan untuk ta­hun ini, tentu ke depan kami juga berharap jalan ke lokasi ini tuntas diperbaiki dan diaspal sehingga pe­ngunjung dan wisatawan akan nyaman,” sampainya.

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) diwakili Kabid Pemasaran Asril menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang giat dalam memajukan sektor pariwisatanya.  “Kami menyampaikan apresiasi karena Pemerintah Kabupaten Tanah Datar satu-satu Kabupaten atau kota yang meluncurkan kalen­der wisatanya di luar dae­rah tepatnya Pekanbaru,” sampainya. (ant)

Exit mobile version