PKK Padangpanjang Gelar Sosialisasi Tes IVA

PADANGPANJANG, METRO – Memastikan masyarakat Padangpanjang terlepas dari ancaman kanker serviks dan payudara, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Padangpanjang menggelar sosialisasi tes IVA. Hal itu diungkapkan Ketua TP PKK, Dian Puspita guna menyelamatkan kaum hawa dari serangan mematikan ini.
Ketua TP PKK, Dian Puspita mengatakan, kanker tersebut adalah salah satu penyebab kematian yang banyak pada wanita karena seringkali diketahui saat tahap lanjut sehingga umumnya berujung kematian. Meskipun penyakit itu dapat dicegah dengan melakukan pengobatan, namun pengobatan harus didukung kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh penderita.
Tes IVA, jelasnya merupakan cara sederhana mendeteksi kanker serviks secara dini dan mengetahui masalah lainnya yang terjadi pada leher rahim.
“Saya inginkan para wanita tidak malu untuk memeriksakan diri melalui tes IVA agar sesegera mungkin dapat dilakukan pengobatan sekiranya ditemukan kelainan pada leher rahim,” ujar Dian.
Dikatakannnya, sosialisasi ini merupakan bagian dari kegiatan TP PKK Kota Padangpanjang dalam memastikan wanita terlepas dari kanker berbahaya yang kian mulai menggerogoti kaum ibu-ibu.
“Untuk kegiatan ini, kita angkat tema, “Melalui Sosialisasi IVA TEST Kita Wujudkan Wanita Kota Padangpanjang Bebas Kanker Serviks dan Payudara”, Insya Allah,” sebut Dian Puspita.
Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Padangpanjang, Faizah menambahkan, gejala awal kanker serviks tidak menimbulkan rasa sakit pada penderita. Ditahap lebih lanjut, beberapa kondisi yang menjadi tanda yaitu keputihan berbau dan terjadi pendarahan setelah memasuki masa menopause.
Penyakit tersebut dapat terjadi karena hubungan seksual pada usia dini, tidak menjaga kebersihan organ kelamin. Kemudian, berganti-ganti pasangan, kebiasaan hidup tidak sehat seperti merokok, infeksi virus herpes dan human papiloma tipe tertentu. (rmd)

Exit mobile version