Pengurus DPP IKA UIN dan Lembaga Otonom Dilantik, DR Asyari: Perguruan Tinggi itu Gambarannya Alumni

PELANTIKAN—Rektor UIN Bukittinggi melantik Ketua dan Pengurus DPP IKA UIN Bukittinggi periode 2022-2027.

BUKITTINGGI, METRO–Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Alumni (IKA) Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djam­bek Bukittinggi, priode 2022-2027, resmi dilantik Rektor UIN, Sabtu (21/1) di Aula Student Center, Kampus UIN Bukittinggi di Kubang Putiah. Selain pe­lantikan pengurus DPP IKA UIN Bukittinggi, pada a­cara itu juga sekaligus  dilakukan peresmian Kantor Sekretariat DPP IKA UIN, pelantikan Lembaga Otonom, dan TalkShow dengan tema “Sinergisitas Alumni Menuju Kampus Unggul”.  Rektor UIN Bukittinggi, Prof DR Ridha Ahida, diwakili Wakil Rektor I DR Asyari, dalam sambutannya menyampaikan, selamat kepada Ketua dan Pengurus DPP IKA UIN Bukittinggi yang baru saja dilantik masa kepengurusan Lima tahun kedepan.

Di sampaikan DR A­syari, perguruan tinggi itu gambarannya adalah a­lum­ni, kalau alumni baik maka kampus akan bagus. Kualitas kampus itu, akan terlihat kalau alumninya memiliki peran di ma­sya­rakat. Karena kampus a­kan dinilai juga terhadap kiprah lulusannya.  ”Kita satu satunya setelah alih status dari IAIN ke-UIN yang sudah punya program studi umum lebih awal. Dan kita baru saja secara prinsip bahan UIN kita sudah lengkap untuk program Doktor ilmu syariah. Mohon doa dan dukungan kita bersama terkait kelembagaan kita ini, semoga makin maju,” ucap DR Asyari dalam sabutannya.

Kedepan dikatakan DR Asyari, tugas berat yang harus dilakukan adalah mengokohkan pondasi UIN. Ada Tiga hal utama yang harus dilakukan lembaga UIN, pertama menyelenggarakan prodi umum, kedua memperbanyak gu­ru besar, dan ketiga memperbanyak kerjasama terutama dalam merancang fakultas kedokteran.

Dia juga menyebut dan bangga dengan prestasi alumni yang berkiprah di­berbagai tempat baik sebagai pejabat Pemerintahan, seperti Ketua Alumni yang juga Wakil Bupati Pasaman, di legislatif se­perti Sekjen DPP IKA UIN Syaflin, Dewan Penasehat DPP IKA UIN, H Asra Fa­ber di DPRD Provinsi Sumbar, serta di Yudikatif maupun usahawan, tenaga pen­didik baik dalam negeri maupun di luar negeri. ”Bahkan ada alumni kita prodi bahasa Ingris sudah mengajar di luar negeri dan ada juga yang sedang kuliah di Asutralia melalui LPDP. Mohon dukungan alumni, prestasi ini bukan karya tunggal dari pimpinan saja,” ungkap DR A­syari.

Sementara itu Ketua Umum DPP IKA UIN SM­DD,  Sabar AS, S.Ag, M.Si usai dilantik, menyampaikan, rasa syukur tas kesuksesan pelantikan pengurus DPP IKA UIN. Dia berha­rap pengurus yang baru saja dilantik dapat me­ngemban tugas dengan baik. ”Alhamdulillah. Setelah pelantikan ini kita akan adakan nanti halal bi halal pada idul fitri sekalian pe­lantikan pengurus masing-masing Provinsi di Indonesia. Khusus untuk Sumbar, setiap kabupaten Kota ada pengurusnya. Kemudian kita akan lantik Dua lembaga otonom yaitu Lazis dan Diklat. Dua lembaga ini sangat penting nantinya, sehingga alumni yang baru tamat bisa diberikan diklat dalam rangka mengupgrade bagaimana memasuki dunia kerja,” ucapnya.

Menurutnya, dengan terhimpunya alumni dalam satu wadah persatuan, di­samping meningkatkan silaturahmi antar alumni juga tak kala penting saling menguatkan dengan soli­ditas yang tinggi. Alumni yang sudah tersebar diberbagai lini kehidupan, tentu perlu spirit untuk memiliki rasa peduli dengan alma­mater.

”Secara teroganisir alum­ni yang belum terjangkau maka ini yang kita akan rangkul bersama. Kemudian kita selama ini alumni UIN dianggap sebelah mata, maka perlu penguatan dan jangan min­der. Mari kita saling mengisi satu sama lain. Dengan sudah banyak a­lumni UIN yang berada di Kementerian, kehakiman dan usahawan, jadi mari kita bersama-sama untuk melahirkan alumni yang kuat,” ucap Sabar AS.

Dia juga menyampaikan  terimakasih kepada Rektor UIN, yang sudah memberikan kemudahan dan memberikan satu tempat untuk sekretariat DPP IKA UIN di Kampus UIN di Kubang Putiah. “InsyaAlloh, alumni kompak, kampus rancak,” harap Sabar AS, diamini Sekjen Syaflin.

Penasehat DPP IKA UIN Bukittinggi, H .Asra Faber, juga mendorong pengurus DPP IKA UIN untuk kompak dan mening­katkan kebersamaan guna menguatkan kelembagaan UIN kedepan. “Jangan sam­pai diawal-awal ini saja yang solid. Tapi betul-betul program yang sudah disu­sun dapat dijalankan, se­hingga alumni UIN benar-benar punya wadah persatuan. Apalagi kita sudah punya Sekretariat, banyak yang dapat dilakukan, diantaranya upaya penguatan ekonomi para alumni,” u­cap Anggota Komisi III DPRD Sumbar ini. (uus)

Exit mobile version