Empat Warga Diterima Bekerja di Jateng, Hasil Jebolan Sawahlunto Job Fair 2018

SAWAHLUNTO, METRO – Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Rovanly Abdams melepas keberangkatan empat tenaga kerja untuk bekerja di Jawa Tengah, Rabu (9/1). Empat orang tenaga kerja tersebut merupakan jebolan dari hasil Sawahlunto Job Fair yang dilaksanakan pada Desember 2018 lalu.
Mereka berangkat ke perusahaan yang bertempat di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu – Tenaga Kerja (DPMTSP – Naker), Suyanto.
Adapun empat tenaga kerja yang lolos diterima bekerja oleh PT Jaya Perkasa Tekstil itu diantaranya, Fifit Riani, Sarah Tri Angguna Tanjung, Dona P Putri dan Suci Ramadhani. Seluruh tenaga kerja ini merupakan lulusan jenjang pendidikan SMA dan SMK.
Sementara, akan ditempatkan di bidang mana dalam bekerja pada perusahaan tersebut, baru akan ditentukan oleh perusahaan setelah empat tenaga kerja dari Sawahlunto itu selesai mengikuti tahap pelatihan (training).
Kabid Tenaga Kerja DPMTSP – Naker, Suyanto menyebutkan, bahwa dalam Sawahlunto Job Fair kemaren itu, ada sebanyak 32 orang yang melamar untuk bekerja di PT Jaya Perkasa Tekstil itu. Namun setelah diseleksi perusahaan, lolos hanya sebanyak 14 orang. “Jadi yang memenuhi persyaratan, diterima oleh perusahaan itu ada 14 orang. Namun yang kemudian berminat dan mengurus lebih lanjut hanya sebanyak 4 orang ini. Maka sebanyak 4 orang inilah yang hari ini akan kita antarkan ke perusahaannya,” kata Suyanto.
Kemudian, dijelaskan Suyanto, sesuai dengan perjanjian kerjasama DPMTSP – Naker Kota Sawahlunto dengan PT Jaya Perkasa Tekstil itu, para tenaga kerja tersebut diberi gaji diatas Upah Minimum Regional (UMR) serta berbagai fasilitas perusahaan.
“Kita sebelumnya kan sudah buat perjanjian dengan perusahaannya. Sehingga untuk gaji dan lainnya mengacu pada perjanjian tadi. Nah untuk gaji, itu disepakati diberikan diatas UMR. Sementara fasilitas perusahaan antara lain BPJS, premi hadir, makan siang dan disediakan mess untuk menginap,” kata Suyanto.
Besaran UMR di Kabupaten Sukoharjo, mengutip data dari website resmi Pemkab tersebut, yakni Rp1.802.700. Melepas keberangkatan emopat tenaga kerja itu, Sekda Rovanly Abdams menyampaikan sejumlah pesan. Antara lain agar mereka menjaga kesehatan dan kekompakan di tempat bekerja nantinya. “Tetap jaga kekompakannya yang berempat ini, nanti juga pandai – pandailah berbaur dengan rekan lainnya di perusahaan. Jaga kesehatannya yang terpenting,” pesan Rovanly.
Tak lupa Rovanly juga berpesan agar mereka senantiasa menjaga komunikasi dengan keluarga di kampung, serta juga dengan pihak DPMTSP – Naker, agar jika ada hal – hal yang menjadi kendala dapat segera diselesaikan. (zek)

Exit mobile version