Sukseskan Pemilu 2024 Serentak, KPU Pessel Gelar Rapat Konsolidasi Daerah Menyongsong Pemilu 2024

Ketua KPU Pessel Epaldi Bahar

PESSEL METRO–Sukseskan Pemilu serentak tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan menggelar kegiatan konsolidasi daerah menyongsong Pemilu 2024.

Acara bertajuk ” Konsolidasi Daerah Menyongsong Pemilu 2024″, diadakan Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (17/10/2022) di Gedung Painan Convention Center ( PCC), diibuka oleh Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar.

Hadir, Wakil Ketua DPRD Pessel Jamalus Yatim, Forkopimda Pessel, Ketua Bawaslu Pessel Erman Wadison. Sekda Mawardi Roska, Kepala OPD, Camat Se – Kabupaten Pessel, Walinagari Se – Kabupaten Pessel, Kapolsek Se – Polres Pessel, Danramil Se – Kodim 0311/ Pessel. Serta penggurus Partai Politik.

Ketua KPU Pesisir Selatan, dalam kata sambutannya mengatakan, Konsolidasi Daerah Menyongsong Pemilu 2024 diikuti Camat, Kapolsek, Danramil, Wali Nagari Se – Pessel, Kepala Organisasi Perangkat Daerah ( OPD), Ketua dan pengurus Parpol. peserta pemilu. Dan organisasi kemasyarakatan.

Dikatakan Epaldi Bahar, tujuan kegiatan ini dalam rangka upaya secara bersama agar pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 bisa bejalan lancar, aman dan sukses. Sebab, pemilu 2024 mendatang dilaksanakan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Gubernur / Wakil Gubernur, Bupati/ Walikota, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota.

” Selama proses pemilu 2024 serentak, KPU Pessel sangat berharap sangat membutuhkan dukungan dan keikutsertaan TNI/ Polri, untuk menyukseskan, sesuai dengan peran masing – masing, ” tegas Ketua KPU Pessel.

Ia juga berharap kegiatan konsolidasi bisa diikuti seluruh perserta, sebab ini merupakan langkah awal dalam menyongsong Pemilu serentak tahun 2024, sesuai dengan keinginan dan harapan masyarakat dalam memilih pemimpin lima tahun kedepan.

Karena tantangan Pemilu seretak 2024, maka dalam kegiatan konsolidasi menyongsong Pemilu 2024 KPU Pessel mengundang beberapa keynote speech dan narasumber Prof. Dr. Kurniawan, SH,.MH ( guru besar Fakultas Hukum Universitas Andalas), Materi Pemilu dan Upaya Mewujudkan Masyarakat Adil, Makmur dan Sehjahtera.

Sementara itu Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar dalam kata sambutannya mengapresiasi langkah KPU Pesisir Selatan telah menginisiasi kegiatan rapat konsolidasi Daerah Menyongsong Pemilu 2024.

Dikatakan Bupati, kesuksesan pelaksanaan Pemilu serentak 2024 bukan menjadi tanggung jawab KPU semata, namun peran seluruh elemen ikut memberikan jaminan pelaksanaan pemilu, sesuai tugas nya masing – masing, menuju pemilu 2024 yang aman, lancar, tertib dan sukses, dan lebih baik.

” Semua komponen harus mampu menjamin hak – hak masyarakat dalam menggunakan haknya pada pemilu 2024 mendatang. Dan mampu memberikan pencerdasan pada pemilih, ” tutur Rusma Yul Anwar.

Lebih lanjut Bupati Pesisir Selatan itu, pemilu tahun 2024 mendatang tidak sama dengan pemilu pada tahun yang lalu, dimana pemilu tahun 2024 akan dilaksanakan serentak untuk memilih Presiden/ Wapres, Gubernur/ Wagub, Bupati/ Wakil Bupati, Walikota/ Wako, dan Legislatif.

Bersama mari kita pilih calon – calon pemimpin sesuai hati nurani, jangan ada paksaan, jangan ada kepentingan ataupun interpensi dari manapun. Pilihlah pemimpin yang benar – benar mementingkan kepentingan masyarakat banyak,” Ia menyampaikan.

” Kita yakin dan optimis, kerjasama seluruh elemen yang ada pemilu 2024 berjalan lancar, tertib, aman dan sukses, ” tegas Bupati Pessel lagi.

Wakil Ketua DPRD Pessel Jamalus Yatim dalam kata sambutannya, pelaksanaan rapat konsolidasi menyongsong pemilu 2024 diadakan KPU Pessel dapat menjalin sinergi dengan pihak terkait. Sekaligus dapat mendongkrak prosentase pemilih. ” Pemilu Badunsanak”.

Kita berharap dengan konsolidasi seperti ini bisa membawa pemilu 2024 yang lebih baik lagi, menuju pemilu yang berkualitas dengan kerjasama seluruh elemen terkait yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Acara dilanjutkan dengan diskusi panel, tentang dinamika, isu – isu strategis dan krusial pada Pemilu 2024, narasumber Dr. Asrinaldi, M. Si ( Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik , Universitas Andalas). Dr. Khairul Fahmi, SH, MH ( Dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas), Dr. Reno Fernandes, M, Pd ( Dosen Fakultas Ilmu Sosial UNP).

Dan, materi tentang Peran Strategis Kepolisian Republik Indonesia dalam menyukseskan Pemilu 2024 narasumber Kapolres Pessel AKBP. Novianto Taryono, SH,.S.I.K, MH, Dandim 0311/ Pessel Letkol Info. Moch Suherli, Kepala Kejaksaan Negeri Pessel Raymund Hasdianto Sihotang, SH,.M.H, Ketua Bawaslu Kabupaten Pessel Erman Wadison, S. Hum ( Ketua Bawaslu Pessel) dan tahapan Pemilu 2024 oleh KPU Pessel ( Ketua KPU Pessel Epaldi Bahar). ( Rio)

Exit mobile version