Untuk Sinergi dengan Pemerintah, Genius Umar: Musda PPNI Lahirkan Kebijakan dan Keputusan

Genius Umar

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan mu­syawarah daerah sudah menjadi keharusan dalam suatu organisasi dalam rangka me­lakukan regenerasi kepengurusan. “Kita harapkan dalam musda tersebut mampu  me­lahirkan kebijakan, keputusan, dan rekomendasi organisasi yang tentu bisa bersinergi dengan pemerintah daerah,  dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada ma­syarakat Kota Pariaman,” kata Walikota Pariaman Genius Umar, kemarin, usai  membuka secara resmi acara Musyawarah Daerah Ke-IV Badan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Pariaman.

Adapun tema Musda PPNIkali ini adalah perawat bersama rakyat menuju Kota Pariaman Sehat dihadiri  Perwakilan DPRD Kota Pariaman, Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Ketua DPW Provinsi Sumatera Barat Meta Seprinal, Ketua DPD PPNI Kota Pariaman Surya Nanda, Perwakilan Ketua Organisasi Profesi, Direktur RSUD, Kepala Puskesmas dan Pimpinan Klinik se Kota Pariaman.

Genius Umar mengatakan, PPNI adalah wadah aspirasi segenap komponen perawat, untuk ikut serta berkontribusi positif dengan partisipasi aktif dalam rangka meyelengarakan pembangunan kesehatan masyarakat, dan anggota PP­NI diharapkan sebagai pelo­por kesehatan ma­syarakat di lingkungan sekitarnya.

Untuk itulah seluruh anggota PPNI, harus meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya untuk membangun martabat pelayanan kesehatan. PPNI diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme, kemampuan dan pengetahuan seluruh anggotanya.

“Perawat harus bisa me­ningkatkan kualitas kerjanya dari segi pelayanan dan kesehatan kepada masyarakat. Selain itu perawat harus mampu melakukan proses inovasi bagaimana caranya perawat bisa menjembatani informasi atau edukasi kepada masya­rakat tentang arti pentingnya kebersihan lingkungan supaya terhindar dari berbagai serangan penyakit,” jelas Genius.

Genius menegaskan akan terus mendorong perawat dalam meningkatkan mutu pelayanan sehingga perawat dapat melakukan kewajibannya sesuai dengan standar profesi, pelayanan keperawatan dan standar operasional prosedur.

Menanggapi apa yang di­sampaikan oleh Wali Kota Pariaman Genius umar, Meta Seprinal menyambutnya de­ngan baik dan meminta perawat untuk meningkatkan kinerja serta loyalitas dengan berbagai program yang bisa meningkatkan kualitas SDM perawat, dalam memberikan pelayanan kepada ma­sya­rakat. “Siapapun nantinya ketua yang terpilih, diharapakan bisa melakukan sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah Kota Pariaman dalam bidang kesehatan,” ujarnya.

Musda PPNI yang diadakan setiap lima tahun sekali ini, diikuti oleh 70 orang peserta dari tujuh komisariat yang ada di Kota Pariaman, din­taranya yaitu komisariat RSUD Pariaman , komisariat Dinas Kesehatan Kota Pariaman, komisariat RS Aisyah, komisariat RS TMC, komisariat klinik, komisariat RSUD Sadikin, dan komisariat klinik se Kota Pariaman. Selain itu Musda PPNI juga diikuti oleh 25 orang utusan yang terdiri dari, perwakilan sekretariat DPD Kota Pariaman, dan DWP Kota Pariaman.(efa)

Exit mobile version