Ciptakan Usahawan Baru, Pemkab Tanah Datar Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

Pemerintah kabupaten Tanah Datar dalam rangka mewujudkan Program Unggulan (Progul) menciptakan usahawan baru dan lapangan kerja, selalu melakukan berbagai pelatihan bagi calon pelaku usaha.

TANAHDATAR, METRO–Pemerintah kabupaten Tanah Datar dalam rangka mewujudkan Program Ung­gulan (Progul) menciptakan usahawan baru dan lapangan kerja, selalu me­lakukan berbagai pelatihan bagi calon pelaku usaha.

Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah Tanah Datar menggelar pelatihan berbasis kompetensi, yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Richi Aprian di dam­pingi Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, Jumat (5/8) di Aula Knator Bupati Pagaruyung.

“Berdasarkan data res­mi dari Dinas PMPTSP Naker Tanah Datar sampai Juli tahun 2022 pencari kerja yang terdaftar seba­nyak 820 orang, yaitu 361 orang laki-laki dan 459 orang perempuan yang di dominasi latar belakang pendidikan SLTA/Sederajat dan tamatan perguruan tinggi baik Diploma dan strata 1.  Berdasarkan hasil survey  ka­bupaten Tanah Datar, pencari kerja pada tahun 2021 tercatat sebesar 4,63 per­sen, menurun dibandingkan tahun 2020 sebesar 4,79 persen dan tingkat nasional sebesar 6,49 per­sen,” ungkap Wabup da­lam sambutannya.

Wabup katakan, dalam rangka mengurangi pengangguran tersebut pemerintah Tanah Datar melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi dengan ber­bagai program kejuruan, dengan harapan pencari kerja yang belum mempunyai keahlian dan keterampilan akan dilatih agar memiliki bekal untuk memasuki pasar kerja dan membuka usaha. Ke de­pannya dengan harapan dapat tumbuh kembang menjadi pengusaha sukses dengan target tahun ini 1000 wirausaha.

Sementara itu Kepala Dinas PMPTSP Naker Za­ratul Khairi melaporkan, pelatihan ini dilaksanakan dengan  paket berbasis kompetensi melalui dana APBD Tanah Datar dan diikuti sebanyak 48 orang peserta dengan 3 paket pelatihan yaitu pembuatan roti dan kue, computer dan pemasangan instalasi listrik dengan tujuan akan memotivasi untuk menciptakan usahawan dan lapa­ngan kerja. (ant)

Exit mobile version