PT BA UPO bakal Bangun Hotel

SAWAHLUNTO, METRO – PT Bukit Asam Unit Pertambangan Ombilin (PT BA UPO) akan membangun hotel di Kota Sawahlunto. Untuk mewujudkan hal tersebut, PT BA UPO telah bekerja sama dengan PT Hotel Indonesia Natour (HIN).
Kerja sama tersebut dilakukan dengan merevitalisasi Hotel Ombilin, gedung perkantoran dan garase yang lokasinya yang berdekatan dalam satu area kawasan tersebut. General Manajer PT BA UPO, Nan Budiman mengatakan, revitalisasi ditujukan untuk mendorong wisata di Sawahlunto dapat semakin berkembang.
Dengan berdirinya hotel berkelas bintang empat, lanjut Nan, dapat dimanfaatkan oleh wisatawan, sehingga bisa menginap lebih satu malam di Kota Arang ini. “Untuk tahap awal, Januari tahun depan akan merevitalisasi Hotel Ombilin, sesudahnya dilanjutkan revitalisasi gedung perkantoran dan garase. Jika semua selesai tersedia 120 kamar yang terdiri kamar sweet room dan deluxe dan dilengkapi fasilitas kolam renang,” katanya.
Ditegaskan Nan kembali, PT BA UPO ingin mewujudkan visi dan misi bersama Pemko yakni Menjadi Kota Wisata Tambang Yang Berbudaya pada tahun 2020. Sementara itu, untuk gedung pengganti kantor sebutnya, pihaknya masih banyak memiliki fasilitas. “Kantor PT BA UPO akan pindah ke Bengkel Utama Saringan yang tidak jauh dari gedung ini,” ujar dia.
Rencana pendirian kawasan perhotelan tersebut disambut baik Pemko Sawahlunto. Wakil Wali Kota Sawahlunto, Zohirin Sayuti mengatakan, ini investasi yang luar biasa. Pemko akan support, terutama masalah perizinan dan teknis lainnya.
Zohirin menambahkan, kunci suksesnya pariwisata salah satunya sangat tergantung pada fasilitas akomodasi penginapan. “Saat ini kita belum memiliki fasilitas yang representatif yang menjadi harapan dari wisatawan termasuk akses jalan yang bagus dan mudah,” ucapnya.
“Kita akan dukung penuh, infrastruktur pendukungnya akan diperbaiki, jalan utama dari Muaro Kalaban menuju Pondok Kapur akan kita perlurus dan perlebar lagi nantinya. Jalan provinsi yang bergelombang dan rusak akan kita segera kondisikan dan koordinasikan dengan pihak terkait, sehingga akses jalan menjadi lancar,” pungkasnya. (zek)

Exit mobile version