Semen Padang Salurkan Beasiswa Rp644,65 Juta, 1.097 Pelajar Pulang dengan Senyuman

PADANG, METRO – Wajah gembira jelas terlihat dari mimik muka Viona Astramayani (11 tahun). Memakai seragam sekolah puith merah lengkap dengan jilbab putih, pelajar kelas VI SD 27 Tarantang, Kecamatan Lubukkilangan ini, duduk dengan manis, sambil menunggu giliran untuk menerima beasiswa sekolah dari PT Semen Padang.
Dengan prestasi di sekolah, Viona berhasil terpilih sebagai salah satu penerima beasiswa yang diberikan PT Semen Padang Semester II Tahun Ajaran 2017/2018, Rabu (19/12). Ini bukan beasiswa pertama kali yang diterima Viona. Ia sudah berkali-kali menerima beasiswa karena nilai rapor sekolahnya yang selalu bagus. “Alhamdulillah, Semester II ini kembali dapat beasiswa. Uangnya nanti beli sepatu dan buku,” kata Viona, tersenyum.
Tidak hanya Viona yang berbahagia, sekitar 1.097 pelajar, mahasiswa berprestasi, serta atlet yang hadir di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang, menerima bantuan pendidikan dari perusahaan BUMN terbesar di Sumbar tersebut.
Pada Semester II ini, PT Semen Padang Group menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan sebesar Rp644.650.000 untuk 1.097 siswa berprestasi. Dirut PT Semen Padang yang diwakili Dirut PT Pasoka Sumber Karya, Hari Utama menyebut, bantuan pendidikan merupakan bentuk komitmen dari Semen Padang untuk mencerdaskan anak bangsa. Melalui program Corporate Social Responsility (CSR) PT SP bersama anak perusahaan PT Pasoka Sumber Karya, PT Yasiga Sarana Utama, UPZ Semen Padang menyalurkan beasiswa.

“Melalui program CSR perusahaan ingin berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan baik keahlian, pengetahuan. Ini sejalan dengan komitmen perusahaan yang tidak hanya mengutamakan keuntungan (provit) tapi juga planet dan people,” kata Hari Utama, saat pemberian beasiswa dan bantuan pendidikan, di GSG PT Semen Padang.
Pada Semester II ini, khusus PT Semen Padang mengalokasikan anggaran sebesar Rp370.250.000 untuk 690 penerima. Selain untuk pelajar di Kota Padang, bantuan pendidikan juga diberikan untuk Packing Plan Lampung dan Cement Mill Dumai.
Sedangkan PT Pasoka sebesar Rp112.500.00 untuk 100 penerima, PT Yasiga senilai Rp125 juta untuk 100 penerima, UPZ Semen Padang Rp36,9 juta untuk 207 penerima. Sedangkan untuk Dumai dan Lampung masing-masing sebesar Rp25 juta untuk 50 penerima.
Ditambahkan, Kepala Biro CSR M Ikrar, pemberian beasiswa dilaksanakan selama dua kali dalam setahun (per semester). Sistem penjaringan berpedoman pada prestasi nilai rata-rata, minimal 8 (siswa SD, SMP, SMA) dan mahasiswa, memiliki indeks prestasi 3.
“Penyaluran beasiswa dan bantuan pendidikan ini adalah program rutin Semen Padang Group setiap tahun. Melalui CSR Pandai Nagari, kami ingin mencerdaskan generasi muda, dan kita berharap beasiswa ini benar-benar dimanfatkan oleh anak-anak dengan baik,” ulas M Ikrar.
Untuk tingkat SD, beasiswa yang disalurkan sebesar Rp400 ribu, SMP Rp500 ribu, SMA Rp750 ribu dan Perguruan Tinggi Rp1 juta. Berbeda dari tahun sebelumnya, pada semester ini, CSR Semen Padang juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa dari wilayah ring satu yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan grade A, yakni UGM, ITB, dan UI dengan program prestatif anak negeri.
“Tahun ini, ada dua mahasiswa yang mengikuti program baru ini. Mereka kuliah di UGM dan ITB. Setiap bulan, Semen Padang memberikan bantuan pendidikan sebesar Rp1,5 juta untuk biaya hidup mereka. Syaratnya dengan IPK minimal 3. Jika turun, maka beasiswanya gugur,” lugas M Ikrar.
Sementara itu, Kabid Perencanaan Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP) Dinas Pendidikan Kota Padang, Marzuki, mengapresiasi kontribusi Semen Padang untuk membantu membantu sektor pendidikan di Padang. Program ini merupakan bentuk dukungan Semen Padang Group pada Pemko Padang yang melaksanakan program pendidikan gratis. Melalui program pendidikan gratis, Pemko Padang berharap tidak ada lagi anak-anak yang tidak bersekolah.
“Beasiswa ini merupakan bentuk dukungan Semen Padang Group pada Pemko yang melaksanakan program pendidikan gratis. Melalui program pendidikan gratis, Pemko berharap tidak ada lagi anak-anak yang tidak bersekolah. Semoga bantuan pendidikan dari Semen Padang ini menjamin keberlanjutan pendidikan anak-anak kita di masa depan,” pungkas Marzuki. (ren)

Exit mobile version