Menyongsong Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019, Kesbangpol Genjot Minat Pemilih

PASAMAN, METRO – Demi untuk lebih menggenjot partisipasi pemilih di Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Pemilu Presiden 2019 mendatang, berbagai cara dilakukan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat.
Salah satunya dengan menggelar sosialisasi dikalangan masyarakat yang dilakukan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasaman di lima daerah pemilihan (dapil) Pasaman.
Kegiatan sosialisasi pemilu yang digelar di lima daerah pemilihan itu diharapkan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 mendatang.
Sosialisasi Pemilu 2019 ini diikuti lebih kurang sebanyak 100 peserta yang berasal dari lima daerah pemilihan yang pesertanya terdiri dari sejumlah unsur, ninik mamak, alim ulama, bundo kanduang dan unsur pemuda.
Kepala Kantor Kesbangpol Pasaman, Afridansyah mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan politik bagi masyarakat umum di daerah ini.
”Sosialisasi ini dilakukan juga bertujuan agar pelaksanaan pemilu 2019 di Kabupaten Pasaman berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Kami ingin seluruh elemen masyarakat bersama-sama menyukseskan Pemilu 2019 mendatang sehingga partisipasi masyarakat akan meningkat,” kata Afridansyah.
Sosialisasi yang dilaksanakan ini katanya berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang, pemilu. Dimana dalam hal itu  mengamanatkan peran serta pemerinrah daerah dalam pelaksanaan pemilu 2019 yakni berupa sosialisasi.
Pihaknya berharap, masyarakat yang telah mengikuti sosialisasi ini dapat menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah daerah, dalam hal mengajak masyarakat lainnya untuk mengunakan hak pilih mereka dengan baik, dan benar pada pemilu 7 April 2019 mendatang. “Sekaligus, dengan harapan masyarakat yang telah mengikuti sosialisasi ini juga dapat menyampaikan materi yang telah disampaikan narasumber kepada masyarakat sekitarnya,” katanya.
Dijelaskannya, sesuai target yang telah ditetapkan KPU Pasaman pada Pemilu 2019 sekitar 77,5 parsen itu, maka melalui sosialisasi ini kedepan diharapkan target tersebut dapat tercapai nantinya.
Kasi Kesbang Linmas, Hafrizal Zul menambahkan, semula pihak Kesbangpol Pasaman telah melakukan sosialisasi pemilu 2019 bagi seluruh parpol, yang telah dilaksanakan pada bulan November kemarin bertempat di Aula Arumas Hotel. Dan pada bulan Desember ini, pihak Kesbangpol kembali melaksanakan sosialisasi pemilu di lima dapil Pasaman.
Dijelaskan Hafrizal, untuk dapil I, sosialisasi pemilu dilaksanakan di Gedung KPN Kogsda Lubuksikaping tanggal 3 Desember. Pada dapil II di Aula kantor Camat Panti tanggal 5 Desember. Dapil III dilaksanakan di Gedung UDKP Rao tanggal 6 Desember.
Selanjutnya, dapil IV dilaksanakan di Aula kantor Camat Padang Gelugur tanggal 4 Desember, dan Dapil V di Kecamatan Bonjol pada tanggal 10 Desember 2018 kemarin.
“Dalam sosialisasi itu, pihak Kesbangpol mendatangkan tiga orang narasumber dari, pihak KPU Pasaman, Bawaslu, dan Kesbangpol Pasaman,” katanya.
Hafrizal mengatakan, materi yang disampaikan dari KPU terkait, tahapan pemilu legislatif dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019. Selanjutnya, dari pihak Bawaslu materi yang disajikan, peranan bawaslu dalam pemilu legislatif, dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019. Serta narasumber dari Kesbangpol menyampaikan materi tentang, peranan pemerintah daerah dalam pemilu legislatif, dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019. (cr6)

Exit mobile version