Eka Putra:  SDM Jadi Motor Penggerak dalam Pembangunan

Salah satu hal yang menjadi motor penggerak dalam pembangunan bukan hanya kekayaan alam, tetapi juga kekayaan Sumber Daya Manusia (SDM).

TANAHDATAR, METRO–Salah satu hal yang menjadi motor penggerak dalam pembangunan bukan hanya kekayaan alam, tetapi juga kekayaan Sumber Daya Manusia (SDM). SDM yang berkualitas, me­rupakan modal yang sangat besar dalam pembangunan dan menciptakan kesejahteraan ma­sya­ra­kat. Untuk itu pemerintah daerah mendukung penuh pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah datar Eka Putra pada saat menghadairi Perpisahan Kelas IX MTsS dan MAS Darul Ulum Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo, Rabu (18/5).  “Untuk menyiapkan SDM yangg unggul Pemda ber­komitmen tidak ada anak-anak Tanah Datar yang tidak bisa melanjutkan pendidikan karena tidak adanya biaya. Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan berbagai beasisiwa, untuk pelajar SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, pelajar yang a­kan melanjutkan ke Perguruan Tinggi sesuai aturan yang berlaku,” ujar Bupati Eka Putra.

Dikatakan Eka Putra, pendidikan tidak hanya membekali dengan materi pelajaran dan skill saja, tetapi juga ilmu agama serta menanamkan nilai-nilai etika dan pembentukan karakter yang juga tidak kalah berperan pen­ting untuk diterapkan da­lam kehidupan berma­sya­rakat nantinya.  “Alhamdulillah semua ini telah dilakukan oleh Bourding Scool Darul Ulum Tigo Jangko,” ujar Bupati.

Selanjutnya, kepada siswa kelas IX dan XII yang hari ini merayakan perpisahan Bupati Eka berpesan agar merayakannya de­ngan penuh hikmad, bahagia nanum tetap dalam kesederhanaan.  “Rayakanlah acara ini, namun jangan lupa perjuangan ananda semua masih sa­ngat panjang. Masih ba­nyak jenjang pendidikan yang harus ananda lalui, karenanya tetap tumbuhkan semangat dan minat belajar kalian,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Burhanuddin sampaikan kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah penyerahan kembali siswa kepada orang tua wali murid setelah menimba ilmu di Bourding Scool Darul Ulum Tigo Jangko yaitu sebanyak 114 siswa terdiri dari siswa MTsS kelas IX  sebanyak 92 orang dan siswa MA kelas XII seba­nyak 22 orang.

Pimpinan Pondok Darul Ulum Tigo Jangko H. Masrul Yakin Dt Paduko Kayo sampaikan, pesantren ini dibangun pada tahun 2009 yang lalu diatas tanah seluas 1.5 hektare yang berasal dari hibah pemerintah daerah Tanah Datar.  “Alhamdulilah seiring waktu berjalan siswa banyak yang antusias mendaftar, dan saat ini sudah 200 orang calon siswa,” sampai H. Masrul. (ant)

Exit mobile version