Bupati Pasaman Buka LusiFest 2022, Kampanyekan Pelestarian Budaya

PEMBUKAAN FESTIVAL— Bupati Pasaman Benny Utama saat membuka kegiatan Lubuk Sikaping Festival (LusiFest) tahun 2022 guna melestarikan buaya kuliner di Pasaman.

PASAMAN, METRO–Bupati Pasaman Benny Utama secara resmi mem­buka kegiatan Lubuk Sikaping Festival (Lusi­Fest) tahun 2022, bertempat di Pelataran Gelora Tuangku Imam Bonjol, Sabtu (7/5).

Kegiatan LuSiFest 2022 menampilkan kesenian anak nagari, kuliner khas nagari yang ada di Lubuk Sikaping, lomba memasak ikan air tawar dan pameran UMKM, mu­lai tanggal 7 hingga 10 Mei 2022 di Pelataran Ti­mur Gelora Tuangku I­mam Bonjol dan surau Tuo Nagari Jambak.

Bupati Pasaman dalam sambutannya menyampaikan, bahwa festival ini memiliki peran penting untuk mengkampanyekan pelestarian budaya serta pelestarian lingkungan demi pembangunan pariwisata berkelanjutan.

“Dengan festival ini ada dampak positif bagi lestarinya seni budaya. Serta berkembangnya u­saha-usaha produk kuli­ner lokal, dan kemajuan sektor pariwisata,” jelas Benny.

Benny berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan menjadi agenda rutin. Selain mendukung pelestarian seni budaya, ini juga dapat menjadi agenda wisata yang dapat menarik wisatawan lokal mau­pun asing. Sementara, Camat Lubuk Sikaping, Nina Darmayanti, S STP mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut perantau dalam suasana liburan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Ia juga menambahkan, rangkaian kegiatan LuSiFest pengunjung akan dimanjakan dengan penampilan seni budaya anak nagari, kuliner khas daerah Kecamatan Lubuk Sikaping, bazar UMKM dan lomba memasak ikan air tawar yang diselenggarakan FORIKAN Kabupaten Pasaman. Setelah pelaksanaan pembukaan LuSiFest, dilaksanakan lomba memasak ikan air tawar dan dinilai oleh Ke­tua TP PKK Kabupaten Pasaman, Ny. Susi Benny Utama.

Pemenang memasak ikan air tawar antar nagari se Kecamatan Lubuk Si­kaping tersebut, yakni berhak sebagai juara I Nagari Jambak, juara II Nagari Tanjung Beringin, juara III Nagari Sundata, juara Harapan I Nagari Aia Manggih, juara Harapan II Nagari Pauh dan Harapan III Nagari Durian Tinggi. (mir)

Exit mobile version