Keuangan Daerah Terbatas, Pemkab Pasaman Barat Kewalahan Hadapi Dampak Gempa

Bupati Pasbar, H. Hamsuardi.

PASBAR,METRO–Pemerintah Ka­bu­paten Pasaman Barat (Pas­bar),  mengaku akan ke­walahan dalam per­bai­kan kerusa­kan rumah terdampak gem­pa karena keuangan da­erah sangat terbatas. ”Dari kebijakan peme­rin­tah pusat untuk rumah ru­sak sedang dan ringan diberikan tang­gung jawab ke pemerintah daerah, rusak berat di­tanggung oleh pe­me­rin­tah pusat. Kebijakan ini akan sangat mem­be­rat­kan,” kata Bu­pati Pasbar, Hamsuardi usai me­nyam­but Komisi V De­wan Per­wakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di Simpang Empat ke­ma­rin.

Meskipun demikian, ka­ta­­nya kebijakan hal itu akan menjadi sebuah tang­gungjawab bagi Pemkab Pasbar, untuk di­prio­ritas­kan.­ ”Untuk hal ini kami akan berupaya juga me­minta bantuan dari pe­merintah dan para donatur yang ada” katanya.

Ia menyebutkan jika kerusakan yang dialami akibat gempa cukup parah baik korban maupun keru­sa­kan berbagai sarana in­frastruktur.

Kerusakan iu terjadi pada bangunan, pemuki­man masyarakat, fasilitas pendidikan, fasilitas Kese­hatan, fasilitas ibadah, fasilitas sosial, infras­truk­tur dan juga fasilitas pen­dukung aktivitas peme­rin­tah seperti bangunan per­kantoran. ”Untuk data khu­susnya kerusakan rumah saat ini masih terus kami validasi untuk akuratnya yang akan dijadikan dasar kebijakan pemerintah da­lam penanganan selanjut­nya,” jelasnya.

Kondisi saat ini, katanya masyarakat yang rumah­nya rusak berat masih ber­diam pada tenda dan hu­nian sementara yang di­bangun di sekitar rumah.

Sementara di be­be­ra­pa kampung atau jorong masih ada masyarakat yang terkonsentrasi pada tenda-tenda komunal, khu­susnya di Simpang Timbo Abu, Mudiak Simpang dan Tanjuang Aro Kecamatan Talamau.

Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan men­jelaskan kunjungan kerja yang dilakukan fokus untuk mendengarkan dan memprioritaskan wilayah bencana. ”Kami bersama tim datang memberikan dukungan moril dan ma­teril terutama tentang pem­bangunan yang be­rada di pengawasan Komisi V,” katanya.

Ia bersama tim datang untuk mendengarkan as­pirasi pemerintah daerah dan lintas sektor yang telah dilakukan dalam me­na­ngani bencana hingga pe­mulihan.

”Makanya kami siap mendukung apapun yang dibutuhkan oleh ke­men­terian yang berada di wilayah kerja kami,” tegas­nya. (end)

Exit mobile version