Cetak Generasi Penghafal Quran, Nagari Languang Sediakan Anggaran Khusus

Muhammad Ilbar Walinagari Languang Kecamatan Rao Utara Pasaman.

Demi menciptakan ge­­nerasi Qurani dan berahklak baik serta mulia. Pemerintah Nagari (Pemnag) Languang, Kecamatan Rao Utara, Kabupaten Pasaman menyiapkan ang­garan khusus untuk para penghafal Al Quran di nagari tersebut. Hal itu merupakan upaya Pemnag setempat membumikan Al Quran di nagari itu. Selai itu untuk men­syiarkan agama Islam, sehingga generasi pada ma­sa mendatang memiliki iman dan taqwa.

Walinagari Languang, Muhammad Ilbar menyebutkan, pihaknya memberi perhatian besar kepada anak-anak yang mampu menghafal Al Quran (hafiz). Bentuk perhatian itu salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada mereka.

“Untuk program tahfidz tahun 2022 mendatang, kita di Nagari Langung akan mempersiapkan dana sebesar Rp 1 juta untuk setiap anak yang hafal Quran 1 juz,” jelas Ilbar.

Ia mengatakan, bahwa dana untuk para anak penghafal Quran itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Nagari (APBN) Nagari La­ngung. Pemberian bantuan itu untuk memotivasi anak agar lebih berprestasi. Kemuain anak anak lebih giat lagi belajar baca tulis Al Quran.

Saat ini, kata Ilbar, pihaknya terus menggalakkan program tahfiz Quran di nagari itu. Hal ini ditandai dengan semakin bertambah banyaknya jumlah santri disetiap rumah tahfiz.

Keberadaan rumah tahfiz, kata Ilbar sangat besar manfaatnya. Selain sebagai pusat membudayakan nilai nilai Al Quran juga untuk mewujudkan masyarakat madani yang punya nilai-nilai keislaman. “Ini sesuai dengan visi dan misi kepala dae­rah Kabupaten Pasaman, yakni mewujudkan Pasaman yang beriman dan bertaqwa,” kata Ilbar. (mir)

Exit mobile version