Vast Piaman Fest Festival Piaman Laweh, Suhatri Bur: Perkenalkan Potensi yang Dimiliki

PDG.PARIAMAN, METRO  -Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, menghadiri acara The Vast Piaman Fest Festival Piaman Laweh tahun 2019. Juga Hadir saat itu wakil ketua DPR RI, anggota DPR RI, Wali Kota Pariaman,Wali kota Jakarta Selatan, H Sagi dan pengurus DPP PKDP serta undangan lainnya. “Kita sangat mendukung kegiatan Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Indonesia yang menggelar Festival Piaman Laweh,” kata Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.
Apalagi katanya, salah satu program bidang pendidikan, seni budaya, dan adat PKDP ini, menurutnya kecintaan urang piaman terhadap kampung halamannya.
“Festival Piaman Laweh atau The Vast Piaman Fest ini merupakan perwujudan atas kecintaan “Urang Piaman” kepada kampong halamannya, sekaligus sebagai ajang penting untuk mempromosikan dan mengenalkan lebih luas kekayaan seni dan budaya, serta kuliner Piaman ini. Potensinya cukup besar tetapi belum tergarap maksimal. Iven budaya ini salah satu upaya ke arah pemberdayaan potensi kultural itu, karena itu saya atas nama Pemkab Padangpariaman sangat mendukung kegiatan ini,” ungkapnya.
Ditambah lagi jelasnya, kegiatan ini untuk promosi dan sekaligus memperkenalkan potensi Piaman ini, tentu sangat efektif dan efesien dilakukan di jantung ibu kota Indonesia ini.
Kemudian katanya, Festival Piaman Laweh (FPL) ini, menghadirkan hampir semua seni-seni tradisi yang hidup di Piaman. Selain seni, FPL ini juga menghidangkan beragam jenis-jenis masakan khas daerah ini.
Jadi katanya, pemkab memberikan apresiasi tinggi terhadap digelarnya festival ini. Ia mengajak seluruh masyarakat, untuk turut serta melihat dan ikut serta di dalam kegiatan tersebut.
“Dasar kita memberikan apresiasi penuh terhadap gelaran acara ini, karena kegiatan ini salah satu cara melestarikan kebudayaan Pariaman. Tentu kita harapkan dengan adanya kegiatan ini, budaya Pariaman akan lebih dikenal luas oleh masyarakat,” ujarnya.
Selanjutnya, Festival Piaman Laweh merupakan salah satu tempat bagi warga Pariaman, khusus Padangpariaman yang rindu dengan kampung halamannya.
“Semoga dapat menjadikan tempat bersilaturahmi warga Padangpriaman dan meramaikan Jakarta dengan ragam budayanya,” tambahnya. (efa)

Exit mobile version