Tingkatkan Taraf Hidup Beragama sudah Terealisir

PARIAMAN, METRO – Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Kota Pariaman Syaiful Azhar menyatakan sesuai dengan visi dan misi Walikota terpilih Genius Umar yang salah satunya adalah untuk meningkatkan kehidupan umat beragama di Kota Pariaman mulai terealisasi.
”Hal ini dapat dilihat dari sudah adanya para penyuluh agama desa yang ditempatkan di desa dan kelurahan. Penyuluh agama desa ini dinilai peranannya sangat penting sekali karena mereka mempunyai tugas untuk memberikan bimbingan keagamaan kepada masyarakat sekaligus menghambat masuknya paham-paham keagamaan yang menyimpang di tengah-tengah masyarakat,” kata Kasi Bimas Islam Kemenag Pariaman Syaiful Azhar, kemarin.
Beliau mengatakan, disetiap desa dan kelurahan yang ada di Pariaman sudah ditempatkan satu orang penyuluh agama desa yang sudah lolos seleksi tertulis dan wawancara yang dilakukan Kemenag Kota Pariaman, jadi dari tiga orang per masing-masing desa dan kelurahan yang direkomendasikan untuk mengikuti seleksi dan ujian tersebut oleh kepala desa atau lurah mereka hanya satu orang yang dipilih untuk menjadi penyuluh agama desa tersebut.
”Secara umum dalam tes tertulis dan wawancara tersebut mereka sudah harus mempersiapkan diri mereka sebaik-baiknya untuk bisa lolos sebagai penyuluh agama desa, seperti mereka harus mempunyai wawasan keagamaan yang luas, wawasan kebangsaan, beriman, mempunyai akhlak dan berbudi pekerti yang baik, agar bisa terjun dan berbaur langsung dengan masyarakat secara baik jika lolos seleksi nanti,” ujarnya.
Beliau juga menyampaikan selain bertugas untuk menerapkan program pemerintah tentang magrib mengaji dan subuh mubaroqah yang sepenuhnya sudah dilimpahkan ke desa dan kelurahan masing-masing, penyuluh agama desa ini juga bertugas untuk memberikan atau melaksanakan bimbingan keagamaan melalui majelis taklim maupun pendidikan keagamaan non formal seperti memberantas buta Al-quran, dan penyalahgunaan narkoba.
Harapan beliau kedepannya supaya penyuluh agama desa ini bisa amanah menjalankan tugas yang diberikan kepada mereka sebaik-baiknya, dan mereka juga harus menerapkan dan mengamalkan pada diri mereka masing-masing tentang apa yang mereka sampaikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dengan penuh kesadaran dan keikhlasan mengikuti petunjuk dan ajakan yang mereka sampaikan sehingga program pemerintah pun bisa terwujudkan. (efa)

Exit mobile version