Suhatri Bur: Penanaman Sejuta Pohon Penting untuk Mitigasi Tsunami

PDG.PARIAMAN, METRO – Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, menghadiri rapat koordinasi mitigasi bencana tsunami penanaman sejuta pohon di pesisir pantai Sumatera Barat. Acara juga dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Sestama BNPB, Danrem, mewakili Kapolda, Danlanud, Bupati/Walikota, Ketua Gebu Minang, Dandim se- Sumatera Barat dan OPD di lingkungan Pemprop Sumbar.
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan Wakil Bupati Padangpariman Suhatri Bur menyatakan Pemkab Padangpariaman sangat mendukung penanaman pohon di sepanjang daerah pesisir pantai Sumatera Barat.
Apalagi, penanaman pohon merupakan tindak lanjut dari kunjungan Kepala BNPB ke Sumatera Barat. “Gerakan tanam sejuta pohon di gagas oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan saat ini sudah ada sekitar 3.000 pohon yang telah ditanam di Kota Padang,” ungkapnya.
”Ini tindak lanjut dari kedatangan Kepala BNPB Letjen Doni Monardo ke Sumbar beberapa waktu yang lalu. Ia juga berkunjung ke Mentawai,” ujar Nasrul Abit.
Dikatakan, untuk penananaman pohon bersama dilakukan dengan TNI dan Kepolisian.
“Pohon-pohon ini didatangkan dari Jawa, untuk jenisnya yaitu pohon cemara dan udang. Jenis pohon ini berguna untuk mitigasi bencana,” sebutnya.
Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa, penanaman pohon akan dilakukan juga di daerah pesisir lainya, seperti Pesisir Selatan, Pasaman dan Kepulauan Mentawai serta Padangpariaman.
“Tadi sudah ditanam pohon di kawasan pantai Simpang Gia Kota Padang, dan pohon-pohon tersebut juga sudah diberi pupuk Bio 44,” tandasnya. (efa)

Exit mobile version