Raih Kualitas Tertinggi untuk Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Pemko Pariaman Terima Penghargaan dari Ombudsman 

PELAYANAN PUBLIK— Pj Wali Kota Pariaman Roberia bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi dan para pejabat usai menerima penghargaan dari Ombudsman RI Perwakilan Sumbar.

PARIAMAN, METRO–Kota Pariaman raih kua­litas tertinggi (zona hijau), penghargaan penganugerahan predikat kepatuhan pelayanan publik atau juga biasa disebut Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Pu­blik tahun 2024 dari Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat.

Penghargaan ini diserahkan oleh anggota perwakilan Ombudsman RI Sumatera Barat, kepada Pj Walikota Pariaman Roberia, dan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Sumatera Barat Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Jasman, Pjs Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumatera Barat Meillisa Fitri Harahap, Para Bupati/Walikota se Sumatera Barat serta Kepala OPD terkait se Sumbar yang hadir.

“Alhamdulillah, di tahun 2024 ini kita dapat mempertahankan zona hijau atau kualitas tertinggi pada kepatuhan pelayanan publik di Kota Pariaman dengan nilai 90,98 (A) atau naik 0,34 dari tahun 2023 sebesar 90,64, dan menempati nomor 4 tertinggi tingkat Kota di Sumbar, dan nomor 10 dari 19 Kabupaten dan Kota yang ada di Sumbar,” ujar Pj Wali Kota Pariaman Roberia setelah menerima penghargaan, kemarin.

Lebih lanjut dirinya me­nga­takan bahwa peningkatan pelayanan publik merupakan satu keharusan, bagaimana semua pelayanan publik adalah untuk kepentingan masyarakat dan bilamana pelayanan ke masyarakat baik, berarti pemerintah hadir ditengah masyarakat.

“Kita akan terus berupaya untuk memperbaiki pencapaian kepuasan layanan dari masyarakat, ka­rena dengan pelayanan yang terbaik yang kita berikan untuk masyarakat, ma­ka tujuan dari pelayanan yang kita berikan telah terwujud, dan ini membuktikan bahwa pemerintah hadir ditengah masya­ra­kat,” ujarnya.

Dia juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras bersama dengan seluruh stakeholder terkait, dalam upaya meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang bersih dan pelayanan publik yang prima di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman.

“Kami memahami pen­ting­nya konsistensi dan keberlanjutan dalam peningkatan pelayanan publik, sehingga kualitas pelayanan publik dalam hal ini dengan kepuasan dari masya­ra­kat cukup tinggi terhadap pelayanan dari pemerintah, sehingga kita dapat menekan mal administrasi yang terjadi di lapangan, dan kami juga menginstruksikan kepada seluruh penyelenggara pelayanan publik di Kota Pariaman harus memenuhi standar pelayanan sebagai­mana yang diama­nat­­kan UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan publik,” tutupnya.

Sementara itu Pjs. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumatera Barat, Meillisa Fitri Harahap mengatakan bahwa penilaian kualitas standar publik berasaskan kepada prinsip integritas, keadilan, kepatuhan non diskriminasi, berkesinambungan dan bersifat keterbukaan dan kerahasiaan.

“Kita memberikan apre­­­siasi kepada seluruh kepala daerah yang ada di Sumatera Barat, dimana di tahun sebelumnya masih ada daerah yang berada di Zona Kuning, dan di tahun 2024 ini seluruh daerah di Sum­bar sudah meraih Zo­na Hijau,” tambahnya meng­­akhiri. (efa)

Exit mobile version