Arab Saudi Copot Roberto Mancini

DIPECAT— SAFF resmi mencopot Roberto Mancini sebagai pelatih kepala Arab Saudi, kurang dari sebulan sebelum jumpa Timnas Indonesia.

JAKARTA, METRO–Pengumuman besar dibuat oleh Federasi Se­pak Bola Arab Saudi (SAFF) jelang laga lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia periode November. SAFF res­mi mencopot Roberto Mancini sebagai pelatih kepala Arab Saudi, kurang dari sebulan sebelum jumpa Timnas Indonesia.

Roberto Mancini, yang menduduki posisi pelatih kepala Arab Saudi sejak Agustus 2023, meninggalkan The Green Falcons – julukan Arab Saudi – atas kesepakatan bersama. Pe­ngumuman itu disampaikan SAFF dalam akun media sosialnya, Kamis (24/10) malam.

“Dewan direksi Federasi Sepak Bola Saudi dan pelatih timnas, Roberto Mancini dari Italia, mencapai kesepakatan bersama hari ini yang mencakup berakhirnya kontrak kerja sama,” bunyi pernyataan resmi SAFF.

Perpisahan Roberto Mancini dengan Arab Saudi sebenarnya tak terlalu mengejutkan. Pasalnya, desakan eks pelatih Timnas Italia itu cabut dari The Green Falcons sudah meng­gema dalam beberapa bulan terakhir.

Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah Roberto Mancini dianggap gagal mengangkat performa Arab Saudi. Malah hasil-hasil tim negara Timur Tengah itu di tangannya terbilang mengecewakan.

Dari 18 pertandingan yang ditukangi Roberto Mancini, Arab Saudi hanya mampu meraih tujuh kemenangan dan lima kali imbang saja. Sementara enam laga sisanya berujung kekalahan.

Kurang meyakinkannya performa Arab Saudi di tangan Mancini sudah muncul sejak empat laga uji coba perdana pada Sep­tember dan Oktober 2023. The Green Falcons tak pernah menang karena menelan tiga kekalahan, masing-masing takluk dari Costa Rica (1-3), Korea Selatan (0-1), dan Mali (1-3) dan hanya bermain imbang dengan Nigeria (2-2).

Kemudian pada Piala Asia 2023, langkah Arab Saudi terhenti di babak 16 besar. Mereka dihajar oleh Korea Selatan (3-5) dan gagal melaju ke fase perempat final.

Performa mengecewakan Arab Saudi berlanjut di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pada putaran kedua misalnya, The Green Falcons hanya menjadi runner-up dengan koleksi 13 poin, hasil empat kemenangan dan sekali imbang, serta sekali kalah. Mereka di bawah Yordania dalam klasemen Grup G.

Kemudian di putaran ketiga, Arab Saudi memulai perjuangan dengan ga­gal meraih kemenangan atas Timnas Indonesia. The Green Falcons dipaksa bermain imbang 1-1 oleh skuad Garuda.

Setelah itu, Arab Saudi sempat menang 1-2 dalam laga tandang kontra Tiong­kok. Tapi, pada bulan lalu, The Green Falcons me­nyerah 0-2 dari Jepang dan ditahan Bahrain 0-0, padahal kedua laga itu dimainkan di kandang sendiri.

“Dewan Direksi menyampaikan terima kasih kepada Roberto Mancini, mendoakan kesuksesan untuk kariernya,” tulis per­nyataan SAFF.

Selanjutnya, SAFF me­nyampaikan bahwa mereka akan mengumumkan pelatih pengganti Roberto Mancini dalam beberapa hari ke depan.

“Direksi menegaskan bahwa nama pelatih timnas selanjutnya akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang setelah selesainya urusan kontrak yang final dan resmi,” jelas SAFF.

Sejauh ini ada beberapa nama yang dirumorkan bakal jadi pelatih anyar Arab Saudi. Mereka adalah Ramon Diaz, Zinedine Zi­dane, dan Herve Renard. (jpg)

 

Exit mobile version