Plt Bupati Rahmang, Hadiri Acara Bawaslu dalam Sosialisasi Pilkada Damai 2024

PADANGPARIAMAN, METRO–Plt Bupati Padangpariaman Rahmang, kemarin, meng­hadiri acara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Padangpariaman menggelar deklarasi pemilihan damai dalam masa kampanye Pilkada 2024.

Hadir juga Komisioner Bawaslu Kabupaten Padangpariaman Kota  Pariaman, Forkopimda, Camat, Walinagari, Panwascam, dan PKD se-Padangpariaman.

Ketua Bawaslu Padangpariaman Azwar Mardin mengatakan, Kegiatan sosialisasi pengawasan par­ti­sipa­tif dan deklarasi pemilu da­­mai ini bertujuan untuk me­­wujudkan pemilihan umum yang jujur, adil, dan berintegritas tanpa hoaks,­ politisasi SARA, serta anti-politik uang.

“Deklarasi ini merupakan upaya penting dalam menjaga keamanan dan transparansi pemilu. Sosialisasi ini mengajak masyarakat berperan aktif dalam mengawasi proses pemilihan, guna mencegah kecurangan serta pelanggaran yang terjadi,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, Azwar juga menekankan pentingnya pemasangan alat peraga kampanye (APK) di zona yang telah ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ia mengimbau pasangan calon untuk tidak memasang APK di tempat yang dilarang, serta meminta masyarakat turut menjaga ketertiban dan integritas proses Pemilu.

Selain itu, Azwar Mardin juga menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan peneguran belasan kampanye paslon yang tidak memiliki izin Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dan 30-an telah memiliki STTP. “Ada sekitar 15 kampanye paslon yang kita tegur karena tidak memiliki Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP), karena STTP sangat penting dan syarat bagi paslon untuk melaksanakan kampanye,” tegasnya.

Azwar juga menegaskan bahwa pihaknya telah mela­kukan langkah pencegahan sejak dini untuk menghindari pelanggaran kampanye di lokasi-lokasi tersebut. “Dengan keterlibatan masyara­kat dan komitmen semua pihak, kita berharap Pemilu kali ini berjalan tertib dan damai,” Azwar mengakhiri. (efa)

Exit mobile version