Bupati Suhatri Bur Ingatkan, Peranan Keluarga dalam Atasi Penyimpangan Sosial Penting  

HADIRI—Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, saat menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Peran Keluarga terhadap masalah sosial.

PDG.PARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan peran keluarga dalam mengatasi masalah penyimpangan sosial sangat lah dibutuhkan, karena interaksi pertama suatu individu adalah dengan keluarganya baru setelah itu dengan lingkungan dan masya­rakat sekitar.

“Dari suatu keluarga pula karakter suatu individu terbentuk, jadi seharusnya dalam sua­tu keluarga dapat mem­bentuk Individu individu yang ber­karakter dan Akhlaqul Karimah atau akhlak yang baik,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, usai menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Peran Keluarga terhadap ma­sa­lah sosial bagi pemangku kepentingan (KAN, Bundo Kanduang  Karang Taruna, Bamus dan  Tokoh agama) perwakilan kecamatan se Padangpariaman.

Suhatri Bur menyampaikan ucapan terima kasih atas terlaksananya FGD ini dalam rangka mendiskusikan problem dan masalah yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, dan kedepannya dapat memberikan pemahaman sebagai landasan hidup berkeluarga dan masyakarat.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai antisipasi dari berbagai masalah dan kejadian yang terjadi di daerah kita. Hal ini tidak bisa kita pungkiri karena penyebabnya adalah lunturnya pemahaman terhadap Adat Basandi Sya­rak, Syarak Basandi kitabullah,” ujarnya.

Dia menyoroti pentingnya peran tungku tiga sajarangan tali tigo sapilin, katanya dengan kemajuan teknologi dan informasi yang berkembang pesat, mereka sangat berperan sebagai ujung tombak untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan sebagai contoh tauladan dalam kehidupan sehari-hari.

“Peran tungku tigo sajarangan (Niniak Mamak, Alim Ulama dan Cadiak Pandai) sangatlah diharapkan sekali untuk mengarahkan dalam membimbing sanak kemenakan untuk hidup dalam norma hukum agama dan hukum adat. Mari kita dudukkan fungsi masing-masing ter­sebut,” ujarnya.

Sementara Kapala Dinas Sosial P3A Padangpaiaman Sunarni berharap pe­nuh dari Focus Group Discussion (FGD) ini akan me­la­hirkan rumusan dan pe­mikiran yang mampu me­lin­dungi dan menyelamatkan sanak famili dari hal yang berbau tercela, dengan membentengi dengan ajaran agama dan adat istiadat serta budaya yang sesuai dengan visi dan misi padang Pariaman yang berjaya (unggul, berkelanjutan, religius, sejahtera dan berbudaya).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Sumarni beserta jajaran,  Kapolres Padangpariaman, ketua baznas dan peserta yang terdiri dari (KAN, Bundo Kanduang, Karang Taruna, Bamus dan Tokoh Agama) perwakilan kecamatan se Kabupaten Padangpariaman. (efa)

Exit mobile version