Pentingnya Akreditasi Perpustakaan Sekolah

DUTA BACA— Ny Yusrita Suhari Bur bersama para Duta Baca yang diharapkan bisa kembali menggiatkan minat baca anak-anak generasi muda, salah satunya dari perpustakaan sekolah.

PDG.PARIAMAN, METRO–Pemerintah Kabupaten Padangpariaman melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan kemarin melaksanakan sosialisasi pendataan perpustakaan sekolah bagi kepala SMP/MTs serta pengelola perpustakaan se­kolah tahun 2024.  Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Padangparaman Erman, menyebutkan pelaksanaan sosialisasi ini dimaksudkan untuk mendata sekolah yang memiliki  perpustakaan dan mensosialisasikan bagaimana sekolah-sekolah di Padangpariaman mendapatkan langkah awal akreditasi perpustakaan sekolah.

“Sengaja kita hadirkan bapak dan ibu para kepala sekolah, agar perpustakaan sekolah bapak ibu terdata, dan menjadi langkah awal  untuk akreditasi perpustakaan sekolah saudara,” ungkapnya.

Katanya setelah pendataan ini, kita berharap perpustakaan sekolah bisa berbenah dalam memenuhi standar perpustakaannya seperti koleksi perpustakaan yang bervariasi, memiliki sarana dan prasarana perpustakaan, mela­kukan layanan rutin, memiliki tenaga pengelola perpustakaan dan sumber pendanaan.

Selanjutnya Erman juga menyampaikan bahwa setelah kegiatan ini dilaksanakan maka akan dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi pembinaan dan akreditasi perpustakaan pada satuan pendidikan dasar bagi kepala sekolah dan pengelola perpustakaan sekolah.

Diketahui peserta sosialisasi terdiri kepala seko­lah menengah dan Mts sekabupaten Padangpariaman, Kepala KKS SD 17 kecamatan. Tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padangpariaman, Anwar, dengan menghadirkan narasumber Desputri Mayuliza, Pustakawan ahli muda dinas kearsipan dan perpustakaan Provinsi Sumatra Barat. (efa)

Exit mobile version